Petugas Gabungan Nglurug Terminal Arjosari, Apa Yang Dilakukan?

Dec 20, 2019 15:20
Petugas tengah melakukan pengecekan roda bus. (Ist)
Petugas tengah melakukan pengecekan roda bus. (Ist)

MALANGTIMES - Ratusan armada bus di Terminal Arjosari, Kota Malang, menjalani pemeriksaan ram check (20/12/2019). Pemeriksaan tersebut dilakukan petugas gabungan dari Satlantas Polresta Malang Kota, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, dan Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Malang.

Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk zero accident (nihil kecelakaan) alias memastikan armada-armada pengangkut penumpang benar-benar dalam kondisi baik. Jadi, kendaraan-kendaraan itu bisa mengantarkan penumpang ke tujuan dengan selamat pada momen Natal dan tahun baru (Nataru).

Baca Juga : Deretan Fakta Bentrok TNI Vs Polri di Papua yang Tewaskan 3 Anggota Polisi

Terdapat 150 armada bus yang diperiksa oleh petugas gabungan.  Pemeriksaan mulai dari surat-surat kendaraan hingga kondisi armada bus, baik itu mesin, kopling, rem, dan part lainnya, apakah layak untuk digunakan jalan mengangkut penumpang atau tidak.

"Ini antisipasi langkah awal jelang Natal dan tahun baru dan juga kaitan dengan Operasi Lilin Semeru 2019. Kali ini gabungan melibatkan Dishub hingga BNN Kota Malang," ungkap Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Priyanto SIK MH.

Selain kondisi armada-armada bus, pengecekan juga dilakukan terhadap para pengemudi. Para pengemudi bus diperiksa untuk memastikan mereka benar terbebas dari pemakaian narkoba maupun minuman beralkohol yang jika dikonsumsi bisa membahayakan saat berkendara.

"Alhamdullilah tidak ditemukan indikasi sopir yang menggunakan narkoba maupun miras. Tadi saya juga lihat kesehatan mereka seperti mata bagus semua. Meskipun beberapa ada yang usianya sudah cukup tua, tapi masih jelas," ujar Priyanto.

Sementara itu, untuk kesiapan lalu lintas, satlantas menyiapkan jalur-jalur alternatif mengingat pada saat Natal dan tahun baru akan banyak wisatawan yang berwisata di Malang.

"Kami akan siapkan jalur alternatif mengingat Malang kota wisata. Sedangkan Malang Kota ini sebagai lintasan. Sehingga nantinya juga kami siapkan tim urai kemacetan yang nanti bisa termonitor lewat radio atau telepon. Sehingga manakala ada laporan, kami akan datang langsung untuk segera mengurangi kemacetan di lokasi tersebut," tambah kasatlantas.

Baca Juga : Efek Jera, Ortu 207 Remaja Balap Liar Dipanggil Polisi, Guru Juga Ditembusi

Kadishub Kota Malang Handi Priyanto menambahkan,  bus-bus yang tidak diperiksa di Terminal Arjosari tetap akan diperiksa di lokasi lain. Sebab, saat ini pemeriksaan dilakukan secara serentak.

"Armada di sini kan ada 400 unit. Kalau tidak diperiksa di sini, ya di tempat lain. Karena ini kan serentak," pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru