Poster Tenet Nolan (IMDb)
Poster Tenet Nolan (IMDb)

MALANGTIMES - Nama Christopher Nolan di jagad perfilman saat ini seolah jadi jaminan film bagus. Apalagi setelah tangan dinginnya berhasil menelurkan berbagai karya box office seperti The Dark Km, Inception, Interstellar dan film perang Dunkirk.

Kini, Nolan kembali akan memanjakan penggemar film dengan besutan terbarunya yang diberi judul Tenet. Sebuah film aksi yang tentunya bukan sekadar baku hantam, senjata, kebut-kebutan dengan berbagai ledakan saja.

Sebagai film aksi, berbagai adegan itu akan tetap bertebaran di sepanjang film. Seperti dalam bocoran teaser trailer Tenet yang rilis di Comic-Con Experience Brazil. 

Tapi, sekali lagi bukan Nolan kalau tak mampu membuat penonton penasaran dengan berbagai teka-teki filmnya. Khas Nolan dalam berbagai besutan film-nya selama ini, membuat penonton harus berpikir keras untuk mencernanya.

"Trailernya aja udah bikin otak mumet. om Nolan oh om Nolan haha #TENET," cuit akun @myseno, Jumat (20/12/2019).

Senada dengan akun @_fiqihna. "Entah apa yang ada di pikirannya Nolan. Bikin film plot njelimet tapi tetap keren," tulisnya. Komentar itu disambut akun @NgobrolSinema. "...mampus Kau dikoyak Nolan," cuitnya.

Trailer yang kini ramai diperbincangkan terkait Tenet memang tak menjelaskan apapun. Penonton benar-benar dibuat penasaran dengan berbagai adegan yang ada. 

Hanya pengenalan para aktor Tenet yang sudah ramai diperkenalkan, seperti John David Washington, Robert Pattinson, Elizabeth Debicki, Dimple Kapadia, Aaron Taylor-Johnson, Clémence Poésy, Michael Caine, Kenneth Branagh, dan Himesh Patel.

Nolan hanya menyampaikan, bahwa film terbarunya yang diproduseri Emma Thomas, memiliki unsur spionase atau mata-mata.

“Kami keluar dari sudut pandang film spionase, tetapi kami pergi ke sejumlah tempat yang berbeda. Kami melintasi beberapa genre berbeda dengan harapan semoga menarik dan segar. Produsen Emma Thomas dan aku telah mengumpulkan banyak produksi skala besar, tetapi ini tentu yang terbesar dalam hal jangkauan internasional. Kami syuting di tujuh negara, di semua tempat, dengan pemeran dan barang-barang yang banyak. Tidak ada pertanyaan, ini adalah film paling ambisius yang kami buat," kata Nolan.

Dari pernyataan Nolan dan trailer pendek, Tenet sepertinya akan memiliki tone yang mirip dengan James Bond. Bond kulit hitam yang diperankan oleh  John David Washington yang terlihat seperti seorang agen/mata-mata pemerintah. 

Dialog singkat dalam trailer juga sedikit mengungkap, bahwa para mata-mata itu beraksi untuk mencegah perang dunia III. Tapi yang bikin unik adalah konsep Tenet tak seperti film Bond yang dikenal. Ada permainan konsep waktu yang dimasukan Nolan. Sekali lagi khas Nolan yang antimainstream dalam membuat film.

@Ardhan23ASR menyampaikan ada kejutan yang berbeda dari film-film besutan Nolan sebelumnya. "Berbeda dengan Inception yang bermain dengan Lucid Dream atau realita, film #TENET ini kayanya bermain dengan waktu (maju mundurnya waktu). Trailer doang udh keren, gimana full movienya ya... can't wait! Keren Nolan," cuitnya.

Tenet dijadwalkan hadir di bioskop tanggal 17 Juli 2020. Rasa penasaran penonton terbayar sedikit dengan bocoran trailer, pernyataan singkat Nolan dan proses pengambilan gambar utama Tenet. 

Dilansir Wikipedia, pengambilan gambar dilakukan Mei 2019 di 7 negara. Antara lain Britania Raya, Estonia, Italia, dan India. Di Estonia, jalan nasional Parnu dan jalanan sekitarnya ditutup untuk memudahkan proses pengambilan gambar. Tak tanggung penutupan jalan dilakukan selama satu bulan.


Banyak penggemar yang memasukkan film Tenet di daftar wajib tonton 2020. "Hal yang kusuka dari filmnya Nolan: Super Keren. Hal yang tidak kusuka dari filmnya Nolan: Harus nonton beberapa kali sampai beneran paham," cuit akun @dmdinama98.