Menag Tegaskan Umat Muslim Tak Perlu Ribetkan Masalah Ucapan Natal

Dec 20, 2019 07:27
Menteri Agama RI, Fachrul Razi. (Foto: Kemenag)
Menteri Agama RI, Fachrul Razi. (Foto: Kemenag)

MALANGTIMES - Apakah umat Islam boleh mengucapkan 'Selamat Hari Natal? Pertanyaan tersebut sering terdengar di setiap perayaan dan momentum hari raya bagi umat Kristiani ini, termasuk di momentum Natal 2019 ini.

Menjelang perayaan Natal seperti ini, biasanya muncul perdebatan di tengah masyarakat tentang hukum seorang muslim mengucapkan selamat Natal kepada umat Kristiani atau siapa saja yang memperingatinya. Tidak jarang, perdebatan itu menimbulkan percekcokan, bahkan vonis kafir.

Baca Juga : Kisah Lucu Umar bin Khattab Protes Kebijakan Mualaf yang Pimpin Peperangan

Selamat Natal yang diucapkan seorang muslim kepada penganut agama Kristen dianggap haram oleh sebagian orang dan dinilai sesat dan menyesatkan siapa yang membolehkannya.

Namun, Menteri Agama Fachrul Razi telah menegaskan dan meminta kepada masyarakat untuk tidak mempermasalahkan ucapan natal.

“Setiap orang punya hak untuk menjalankan apa yang dia yakini. Tapi yang penting, jangan sampai hak yang dia yakini mengganggu hak orang lain,” ungkapnya di Kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, Semarang, Kamis (19/12) dikutip dari laman resmi Kementerian Agama RI.

“Kalau ada yang tidak mau mengucapkan, silakan. Tapi kalau ada yang mengucapkan kepada temannya Selamat Hari Natal, ya itu juga hak dia. Kita tidak bisa melarang,” sambungnya. 

Fachrul pun berharap perayaan natal tahun ini tidak mengalami kendala apa pun.

Baca Juga : Kisah Nabi Musa Melabrak Nabi Adam, Begini Akhir Ceritanya Versi Gus Baha

"Bahwa itu sesuai dengan UU 1945 bahwa seluruh rakyat Indonesia punya hak yang sama untuk menjalankan agamanya. Jadi sudah sama-sama paham. Mudah-mudahan tidak akan ada masalah. Yang lalu-lalu pun tidak pernah ada masalah," tuturnya. 
 

 

Topik
MalangBerita MalangMenteri Agama RI Fachrul RaziMasalah Ucapan Natalumat Islam Ucapkan selamat hari NatalNatal 2019

Berita Lainnya

Berita

Terbaru