Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat memecahkan botol minuman keras di halaman Plaza Batu, Kecamatan Batu, Kamis (19/12/2019).
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat memecahkan botol minuman keras di halaman Plaza Batu, Kecamatan Batu, Kamis (19/12/2019).

MALANGTIMES - Bukan hanya kesiapan personel yang disiapkan oleh Polres Batu jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), namun juga melalukan operasi selama dua minggu. Operasi yang dilakukan dengan memusnahkan ribuan botol dan knalpot brong di halaman Plaza Batu, Kecamatan Batu, Kamis (19/12/2019).

Selama dua minggu itu, Polres Batu berhasil menyita dan memusnah sejumlah 1.373 botol. Dari 18 jenis minuman keras dan arak yang dihancurkan.

Cara memusnahkannya itu dilakukan dengan memecahkan botol-botol minuman keras tersebut. Penghancuran dilakukan oleh Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Kepala Badan Narkotika Nasional AKBP Mudawaroh. Sejumlah 18 knalpot brong juga dimusnahkan.

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama mengatakan, hal itu dilakukan untuk mengurangi berjatuhannya korban jiwa akibat minuman keras.

“Banyaknya menelan korban jiwa itu, dengan pemusnahan ini agar memberikan efek jera bagi pelaku penjual, bahkan bagi yang mengonsumsi miras. Juga untuk menekan adanya pesta miras di kalangan masyarakat yang sering kali terjadi,” katanya.

“Masih banyak masyarakat yang tidak peduli dengan kesehatannya. Melihat banyaknya mereka mengoplos seperti ciu dicampur alkohol 70 persen. Dan ternyata masih tidak memberikan efek jera,” ungkap Harvi.

Selain itu pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar peduli dengan kesehatan dengan tidak minum miras ilegal atau pun miras oplosan.

“Sosialisasi sangat penting dalam hal ini, agar tidak memakan korban jiwa di kalangan masyarakat lagi. Ya supaya sadar juga,” tutup lulusan Akademi Polisi tahun 2001 ini.