Salah satu menu masakan yang disajikan pada restoran yang ada di Kabupaten Malang (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Salah satu menu masakan yang disajikan pada restoran yang ada di Kabupaten Malang (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Kabupaten Malang kembali menunjukkan hasil kinerja positif. Meski tutup buku tahun 2019 masih menyisakan waktu kurang dari 2 minggu, namun beberapa sektor pajak daerah yang dikelola OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang dipimpin oleh Dr Purnadi ini sudah dipastikan mengalami surplus.

Salah satu kategori pajak daerah yang memperoleh pendapatan melebihi dari target yang ditentukan tersebut, adalah pajak restoran. ”Terhitung sejak hari ini (Rabu 18/12/2019) pajak restoran sudah mengalami surplus hingga lebih dari Rp 54,8 juta,” ucap Dr Purnadi.

Perlu diketahui, pajak restoran di tahun ini ditarget memperoleh Rp 7.000.675.000. Sedangkan hingga Rabu (18/12/2019), Bapenda Kabupaten Malang sudah memperoleh penghasilan pajak di kategori ini mencapai Rp 7.054.897.948. ”Pajak restoran memang menjadi salah satu sektor yang paling sering mengalami surplus, target kami pajak restoran bisa surplus sekitar 5 persen dari target yang sudah ditentukan pada tahun 2019 ini,” sambung Dr Purnadi.

Sebagai informasi, ada 10 kategori pajak yang dikelola oleh Bapenda Kabupaten Malang. Yakni pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan, mineral bukan logam dan batuan (minerba), parkiran, air bawah tanah, pajak bumi dan bangunan (PBB), dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang ini, mengaku jika trend positif tersebut sudah terjadi sejak tahun 2018 lalu. Saat itu, Bapenda Kabupaten Malang juga mampu mendulang surplus lebih dari 60 persen, pada kategori pajak restoran.

”Tahun lalu kami mampu memperoleh penghasilan pajak restoran mencapai lebih dari Rp 7,2 miliar. Padahal targetnya hanya Rp 4,5 miliar,” tutup pria yang identik menggunakan kaca mata ini, saat ditemui MalangTIMES.com di ruangannya.