Forum Group Discussion (FGD) Bincang Aktual dengan tema "Menangkal Radikalisme dalam Perspektif Agama di Lingkungan Kampus (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Forum Group Discussion (FGD) Bincang Aktual dengan tema "Menangkal Radikalisme dalam Perspektif Agama di Lingkungan Kampus (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dalam rangka perumusan Garis Besar Haluan Ideologi (GBHI), Pusat Studi Pancasila dan Multikultural (PSPM) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar Forum Group Discussion (FGD) Bincang Aktual dengan tema "Menangkal Radikalisme dalam Perspektif Agama di Lingkungan Kampus".

Ketua PSPM, Dr. I Wayan Legawa M.Si, dalam sambutannya mengatakan jika surat keputusan bersama kabinet Indonesia maju tentang penanganan radikalisme dalam rangka penguatan wawasan kebangsaan pada aparatur sipil negara (ASN) mendapat tanggapan pro dan kontra.

"PSPM memandang perlu melakukan kajian terhadap fenomena radikalisme yang akhir-akhir ini banyak menjadi topik pembicaraan dalam masyarakat. Sebagai sebuah lembaga, PSPM salah satu tujuannya adalah bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan multikultural serta internalisasi nilai-nilai Pancasila dan multikulturalisme dalam kehidupan kampus," ungkapnya.

Kemudian lanjutnya, berpedoman pada ketetapan MPR nomor V/MPR/2000, tentang pemantapan persatuan dan kesatuan nasional, terdapat fenomena bahwa nilai-nilai agama dan nilai-nilai budaya belum sepenuhnya dijadikan sumber etika dalam berbangsa dan bernegara oleh masyarakat.

Hal ini kemudian melahirkan krisis akhlak dan krisis moral yang berubah ketidakadilan, pelanggaran hukum dan pelanggaran hak asasi manusia.

"Harapan kita adalah bagaimana menjadikan nilai-nilai agama dan budaya bangsa sebagai sumber etika kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka memperkuat akhlak dan moral penyelenggara negara dan masyarakat," jelasnya.

Ia juga menyampaikan, jika hasil dari diskusi nantinya akan disampaikan ke Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sebagai bahan dalam rangka perumusan GBHI.

"Peran lembaga-lembaga kajian seperti PSPM ini, diharapkan memberikan sumbangan pada BPIB baik yang berkaitan dengan pengembangan materi, metode pembelajaran serta model pemasyarakatan Pancasila dalam masyarakat," paparnya.

Sementara itu, dalam FGD menghadirkan narasumber Prof Dr. Syamsul Arifin M.Si dan juga Dr. Bambang Noorsena MH. Untuk peserta yang hadir, sebanyak 250 orang yang berasal dari pejabat lingkungan di Unikama, dosen, mahasiswa dan dari organisasi lain di lingkungan kampus Unikama.