Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkot Batu Ingin Tambah SMP Negeri, MKKS SMP Swasta Menolak

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

15 - Dec - 2019, 20:31

Pelajar SMP saat melaksanakan ujian di SMPN 1 Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pelajar SMP saat melaksanakan ujian di SMPN 1 Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Keinginan Pemkot Batu menambah SMPN Negeri di Kecamatan Junrejo, rupanya harus diurungkan. Lantaran Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Kota Batu menolak rencana pembangunan SMNP Negeri 7 di Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Keinginan Pemkot Batu memiliki SMPN 7 itu karena sistem zonasi, lalu adanya masukan perlu penambahan SMP negeri di Kecamatan Junrejo. Sebab di Kecamatan Junrejo hanya ada satu SMP negeri yakni SMPN 2 Batu dan tidak mencukupi jumlah lulusan di sana.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

“Setelah kami evaluasi, terkait pembangunan SMPN 7 Junrejo telah kami limpahkan ke Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Batu. Ini agar Pemkot Batu bisa meninjau kembali pembangunan sekolah baru,” kata Ketua MKKS SMP Swasta Kota Batu, Takim.

“Dengan pertimbangan jumlah lulusan siswa SD-MI hari ini dibanding pagu SMP negeri dan swasta saat ini belum tercukupi. Sehingga anggapan kami sepakat untuk  sementara pendirian sekolah negeri baru untuk ditata ulang kembali. Setidaknya tidak dalam waktu dekat ini,” imbuhnya.

Ia mengatakan SMP negeri baru itu agar ditata ulang kembali jika itu dibangun pada waktu yang dekat ini. Dengan salah satu pertimbangannya adalah jumlah lulusan siswa SD-MI dibanding pagu SMP negeri dan swasta belum tercukupi.

“Padahal jika anak tidak masuk SMP negeri bisa masuk ke swasta harapnya seperti itu, tapi teman-teman yang tidak terjangkau zonasi menuntut,” tambah Takim.

Hingga saat ini jumlah SMP Swasta di Kota Batu ada 22 sekolah. Dari 22 SMP swasta itu hanya dua sekolah saja yang pagunya terpenuhi sisanya pagu masih belum tercukupi. 

Baca Juga : 4.866 Keluarga Penerima Manfaat di Kota Batu Terima Bantuan Pangan Non Tunai Rp 200 Ribu

Dari data yang dimiliki, tercatat serapan untuk sekolah negeri dari sembilan sekolah sebanyak 1.945 siswa dari total 1.824 pagu atau kelebihan 121 pagu tahun ajaran baru 2019/2020.

“Sedangkan sekolah swasta dari 22 sekolah hanya menyerap 1.368 dari total 2.144 pagu atau kurang 759 pagu. Sementara untuk jumlah lulusan SD di Kota Batu seluruhnya 3.124 siswa,” tutupnya.


Topik

Pemerintahan batu berita-batu pemkot-batu SMNP-Negeri-7-kota-batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya