Batu Secret Zoo Punya Wahana Baru Lemur Kingdom, Serasa di Madagaskar

Dec 14, 2019 15:21
Salah satu petugas saat memberikan makan di area Lemur Kingdom, Batu Secret Zoo, Sabtu (14/12/2019).
Salah satu petugas saat memberikan makan di area Lemur Kingdom, Batu Secret Zoo, Sabtu (14/12/2019).

MALANGTIMES - Akhir tahun akan berlibur ke Kota Batu tapi ingin melihat dan menikmati sesuatu yang baru? Kali ini Jawa Timur Park 2 Batu Secret Zoo menghadirkan sesuatu yang baru loh.

Ya kali ini Batu Secret Zoo hadir dengan zona baru, yakni Lemur Kingdom yang dibuka pada Sabtu (14/12/2019). Dalam acara spesial grand opening zona baru, Lemur Kingdom, Batu Secret Zoo secara khusus mengundang penduduk asli Madagaskar dalam serangkaian acara yang bertajuk Madagascar Weekend.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 14-15 Desember 2019. Pengunjung selain dapat mengenal lebih dekat tentang pulau yang memiliki kisah erat dengan Indonesia ini, juga akan disuguhkan dengan penampilan tari-tarian yang diiringi musik tradisional Madagaskar.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mencicipi makanan khas Madagaskar yang dimasak khusus oleh penduduk Madagaskar. Sesuai dengan namanya, Lemur Kingdom mengajak para pengunjung Batu Secret Zoo untuk mengenal lebih dekat dengan beberapa spesies lemur.

Apalagi kebun binatang yang terletak di Jalan Raya Oro-Oro Ombo ini merupakan zoo dengan koleksi spesies lemur terbanyak di Asia Tenggara. Yakni dengan total 6 spesies lemur. 

Antara lain ring-tailed lemur, brown lemur, red collared lemur, red ruffed lemur, black lemur, dan black and white lemur. General Manager Jawa Timur Park 2 Agus Mulyanto mengatakan, dalam zona itu didesign khusus sesuai habitat asli lemur.

Para pengunjung pun dapat berinteraksi dengan 4 spesies dari 6 total spesies yang ada di Batu Secret Zoo. “Antara lain black lemur, ring-tailed lemur, red ruffed lemur, red collared lemur dan brown lemur,” kata Agus. 

Hunian baru lemur itu memiliki luas 500 meter persegi dengan tinggi 12 meter ini telah didesign khusus sehingga sangat mirip dengan habitat asli lemur di pulau Madagaskar.

“Sekaligus Lemur Kingdom ini dipersembahkan khusus untuk para lemur yang ada di Batu Secret Zoo. Sebagai wujud perhatian terhadap pelestarian satwa endemic Madagaskar tersebut,” imbuhnya.

Melengkapi suasana Madagaskar pengunjung juga dapat berinteraksi dengan fossa, sang karnivora terbesar di Madagaskar. Tidak hanya mempelajari mengenai satwa-satwa dari Madagaskar.

Pengunjung juga dapat memperoleh edukasi tambahan tentang keunikan pulau Madagaskar yang istimewa. Mulai dari tanaman, kondisi alam, hingga penduduk dan kebudayaannya.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Dengan hadirnya zona baru lanjut Agus, diharapkan dapat melengkapi wisata pembelajaran satwa bagi para pengunjung. “Karena dengan mengenal lebih dekat, maka pengunjung akan lebih memahami bagaimana cara melestarikan satwa-satwa tersebut,” harapnya.

Sedang dari 103 spesies lemur yang ada sekitar 90 persen dari total keseluruhan masuk dalam kategori terancam punah, sehingga satwa ini menjadi primata paling terancam di dunia.

Kehilangan habitat dan perburuan liar menjadi alasan utama yang mempengaruhi kelestarian lemur. Bahkan pemerintah Madagaskar telah menetapkan lemur sebagai satwa yang dilindungi. 

 

Topik
Batu Berita Batu Batu Secret Zoo Wahana Baru Lemur Kingdom penduduk asli Madagascar WISATA KOTA BATU Jatim Park 2

Berita Lainnya

Berita

Terbaru