Hamka Hamzah (biru) saat berduel dengan pemain lawan (official Arema FC)
Hamka Hamzah (biru) saat berduel dengan pemain lawan (official Arema FC)

MALANGTIMES - Kehadiran Hamka Hamzah bersama tim Arema FC disebut Milomir Seslija bisa membangkitkan semangat tim, meski diusianya yang tidak muda lagi tapi mampu membuat tim nyaman ketika pemain bernomor punggung 23 itu di dalam lapangan.

Sosok kapten tim Arema FC, Hamka Hamzah memang menjadi sangat viral di kompetisi Liga 1 2019. Figurnya di lini belakang hampir tidak pernah tergantikan kecuali sedang mendapati akumulasi kartu atau menderita cedera.

Baca Juga : Kontroversi, Prestasi, hingga Mundurnya Ratu Tisha dari Sekjen PSSI

Saat menghadapi Persebaya pada Kamis (12/12/2019) kemarin sore hari di Stadion Batakan, Singo Edan memang mendapatkan hasil kurang memuaskan, tapi pada laga tersebut Hamka Hamzah menjadi pencetak satu-satunya gol Arema FC.

"Kami mainkan Hamka karena saya tahu dia bisa memberikan motivasi dan seperti bos di tim ini. Dia juga bisa memberikan kepercayaan diri pada pemain lain, seperti yang biasa dilakukannya. Dia pemain berpengalaman," kata Milo. 

Meski sempat tidak bisa menghadang laju striker Persebaya sehingga menjadi gol, tapi Milo enggan membuat komentar yang menyudutkan bagi sangat pemain itu. Karena ia menganggap kesalahan tersebut bukan hanya pada diri Hamka Hamzah. 

"Jangan salahkan Hamka saja, tapi salahkan semuanya, karena ini kesalahan kami sebagai satu tim. Bukan masalah kebugaran, tapi soal tanggung jawab. Hamka datang ke Balikpapan untuk membantu tim, dia mencoba dan terbukti mencetak satu gol. Tapi, okelah kami kalah, tapi dia sudah mencoba yang terbaik," ungkapnya. 

Baca Juga : Libur Karena Covid-19, Kiper Persita Mulai Bosan

Lebih dari itu, Milomir Seslija juga memuji semangat Hamka Hamzah karena ia yang belum fit 100 persen tapi mampu menujukkan komitmen untuk membela tim berjuluk Singo Edan pada laga krusial melawan Persebaya. 

"Hamka mungkin tidak terlihat lebih baik dari lainnya, tapi dia mau mencoba dan berusaha keras, itu yang terpenting. Akan lebih berat jika kami bermain tanpanya," pungkasnya.