Para pelaku usaha dan PKL di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Jumat (13/12/2019).
Para pelaku usaha dan PKL di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Jumat (13/12/2019).

MALANGTIMES - Kegiatan Pengawasan Pembinaan Ketentuan Perizinan dan Penegakan Perda Terhadap Pelaku Usaha digelar oleh Pemkot Batu bersama Tim Penegak Peraturan Daerah di gedung Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Jumat (13/12/2019).

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar para pelaku usaha semakin yakin untuk menanamkan investasinya di Kota Batu tanpa adanya rasa takut. Kemudian tidak ada kebimbangan dalam pengurusan perizinan.

“Para pelaku usaha tidak perlu lagi bermain kucing-kucingan dengan petugas yang memiliki kewenangan untuk melaksanakan perizinan, kalau semuanya sudah sesuai dengan prosedur,” kata Pelaksana Tugas (plt) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batu, Muhammad Nur Adhim.

Ia menambahkan kegiatan ini juga untuk menyakinkan pelaku usaha bahwa mereka sebagai mitra pemerintah daerah. Agar ke depan terjalin komunikasi yang baik dan menghindari adanya pelanggaran dalam melaksanakan investasi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menambahkan, dengan adanya kegiatan ini  nantinya agar mengetahui dan tahu kebijakan Pemkot Batu terkait dengan ijin usaha yang ada di Kota Batu. Supaya dilalui atau diikuti sesuai prosedur oleh seluruh peserta kegiatan ini.

“Perlu diketahui bahwa pemkot batu yang sudah berusia 18 tahun ini sudah sewajarnya dan membranding menjadi kota wisata. Sehingga kami tidak menginginkan ada anggapan bahwa masyarakat Kota Batu tidak ikut bersama sama membangun kota wisata batu,” ucap Punjul.

“Namun secara tidak langsung para pelaku usaha ini ikut membangun kota batu seperti gedung ini yang biayanya murni dari APBD Kota Batu yang salah satunya dari pajak usaha,” imbuhnya.

Perda tentang tim penegak perda lanjut Punju, sudah ditanda tangani sehingga diharapkan kepada masyarakat yang  belum mempunyai Izin Mendirikan Bangunan agar segera mengurusnya. “Diharapkan kepada para pelaku usaha untuk tidak ragu lagi dalam melaksanakan investasinya di Kota Batu,” harap Punjul.

Sedang dalam kegiatan ini dihadiri oleh Pedagang Kaki Lima (PKL), pelaku usaha Kota Batu.