Suasana saat pembukaan atau launching Agromart Unikama (ist)
Suasana saat pembukaan atau launching Agromart Unikama (ist)

MALANGTIMES - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kini memiliki Agromart sendiri. Hal ini merupakan pengembangan integrated farming di kampus menjadi sebuah Agromart. Bahkan dengan Agromart lewat pengembangan integrated farming ini, nampaknya Unikama menjadi satu-satunya kampus yang memiliki Agromart sendiri. Kebanyakan kampus hanya memiliki koperasi mahasiswa ataupun minimarket secara umum.

“AgroMart merupakan salah satu usaha yang didirikan oleh Unikama untuk mengembangkan integrated farming Fakultas Peternakan yang ada di Wagir. Jadi beberapa produk olahan tersedia di sini. Di tahap awal ini kami menyediakan kebutuhan untuk keluarga besar Unikama dan juga mengenalkannya kepada masyarakat dan mahasiswa,” ungkap Henny Leondro, S.Pt., M.P selaku Wakil Rektor II dan Manager Farm Integrated Farming Unikama yang ada di Wagir.

Baca Juga : Bupati Sanusi Dorong Pembuat Klompen Singosari Lebih Kreatif

Produk-produk yang ada di Agromart, kebanyakan merupakan hasil olahan dari Fakultas Peternakan Unikama, seperti halnya susu, daging, ikan serta beberapa komoditas lain berupa produk pertanian, produk hand made, batik dan lainnya.

“Kami berharap dengan adanya AgroMart Unikama bisa memberikan pembelajaran atau edukasi tidak hanya untuk Dosen dan mahasiswa. Masyarakat yang ingin menitipkan produknya di AgroMart juga akan kami tampung,” paparnya.

Sementara itu, Rektor Unikama, Dr. Pieter Sahertian, sangat mengapresiasi Fakultas Peternakan Unikama menjadikan AgroMart bukan hanya ajang showcase, namun juga dijadikan wadah praktikum mahasiswa sekaligus unit bisnis terintegrasi.

"Saya berharap nantinya tidak hanya produk dari Unikama saja, melainkan produk-produk dari mahasiswa. Supaya mahasiswa juga belajar berwirausaha,” tuturnya.