TPU Sukun Nasrani dulu. (UPT PPU)
TPU Sukun Nasrani dulu. (UPT PPU)

MALANGTIMES - Unit Pelaksana Teknis Pengelola Pemakaman Umum (UPT PPU) Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang saat ini tengah menyusun pembuatan buku yang akan membedah dan mengulas tuntas mengenai  TPU Sukun Nasrani.

Buku tersebut nantinya bakal berisi mulai sejarah berdirinya TPU Sukun Nasrani hingga siapa saja tokoh-tokoh besar yang dimakamkan di TPU itu.

Kepala UPT PPU Takroni Akbar mengatakan, dalam penyusunan buku tersebut, pihaknya juga meminta partisipasi masyarakat Kota Malang yang mempunyai atau memiliki informasi data maupun dokumentasi-dokumentasi tentang TPU Sukun agar menginformasikan kepada  UPT PPU.

Menurut dia, informasi tersebut tentunya sangat penting bagi penguakan sejarah maupun bagi edukasi terhadap generasi penerus agar selalu bisa menghargai dan mengetahui sejarah masa lampau.

"Mereka yang memberikan informasi tentunya akan kami berikan reward sebuah sertifikat penghargaan sebagai bentuk apresiasi. Informasi itu kan sayang kalau misalnya nggak disampaikan. Apalagi belum disampaikan tapi orangnya sudah meninggal, kan  malah lebih sayang lagi. Padahal bisa bermanfaat informasinya," ungkapnya.

Dengan adanya buku tersebut, UPT PPU berharap agar nantinya setiap orang yang ke TPU Sukun Nasrani tak hanya  melihat bangunan-bangunan makam. Namun terdapat unsur lain seperti sejarah yang itu juga menarik diketahui maupun sebagai sarana edukasi untuk generasi penerus.

"Saat ini masih dalam tahap penyusunan oleh tim-tim penulis yang juga melibatkan akademisi. Masih terus pengumpulan data dan artikel-artikel. Kami targetkan Maret (2020) selesai dan bisa di-launching di HUT Kota Malang," ucap Takroni.