Sokib (tanda silang) satu tahanan kabur yang kembali tertangkap dan dua rekannya yang masih kabur. (ist)
Sokib (tanda silang) satu tahanan kabur yang kembali tertangkap dan dua rekannya yang masih kabur. (ist)

MALANGTIMES - Satu lagi tahanan narkoba  Polresta Malang Kota yang kabur berhasil ditangkap. Kali ini yang ditangkap adalah terduga otak kaburnya empat tahanan narkoba, yakni Sokib, warga Jalan MT Haryono XlV/ 22, Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Sokib ditangkap saat dalam pelariannya di Kediri, tepatnya di sebuah rumah kos milik Yob Mojiono di Jalan MT Haryono RT 19 RW 033 Desa Bandar Lor, Kecamatan Mojoroto,  Kabupaten Kediri, pada Rabu dini hari (11/12/2019).

Baca Juga : Edarkan Sabu di Tengah Pandemi Covid-19, Pengedar Asal Malang Dicokok Polisi Blitar

Terdeteksinya keberadaan Sokib di Kediri setelah adadnya informasi dari masyarakat. Sokib mulai menempati kos tersebut pada Selasa sore (10/12/2019).

Saat itu, Sokib ke kos tersebut tidak sendirian. Dia bersama satu tahanan lain, yakni Bayu, menempati kos tersebut. Hal itu juga sempat dibenarkan oleh pemilik kos bahwa Sokib bersama salah satu orang yang juga merupakan tahanan yang kabur.

Mengetahui posisi Sokib dan Bayu, petugas langsung melakukan penggerebekan ke Kediri. Namun, saat tiba di tempat kos, polisi hanya mendapati Sokib. Sementara Bayu tidak ditemukan.

Pengakuan Sokib,  saat itu Bayu terlebih berpamitan keluar. Saat coba dicari di sekitar kos, Bayu tetap ditemukan. 

Sokib juga sempat dikeler untuk mencari keberadaan Bayu. Namun saat itu Sokib justru mencoba kabur dengan mendorong petugas meski dalam kondisi tangan terborgol.

Tak mau Sokib lepas, polisi melepas tembakan peringatan. Meski begitu, dia masih saja kabur. Sokib ahkirnya dihadiahi timah panas oleh polisi. Setelah dilakukan perawatan, Sokib langsung dibawa ke Polresta Malang Kota.

Baca Juga : Pelaku Pencabulan di Jatimulyo Disebut Punya Kelainan Seks terhadap Anak

Kapolresta Malang Kota AKBP Leonardus Sinarmata membenarkan adanya penangkapan kembali satu tahanan kasus narkoba, yakni Sokib. "Benar. Saat ini masih kami periksa lebih lanjut," ucapnya  (11/12/2019).

Sebelumnya, polisi telah menangkap Andrian alias Ian di kawasan Jodipan, Kota Malang, pada Selasa 10 Desember 2019. Saat itu Ian ikut kabur karena ingin menghadiri pernikahan anaknya.

Setelah Ian dibekuk, polisi mengejar Sokib dan Bayu ke Kediri.  Namun, hanya Sokib yang berhasil diamankan.

Dengan tertangkapnya Sokib, maka tinggal dua tahanan lagi yang menjadi target pengejaran polisi. Yakni Bayu dan Nur Cholis.