Suasana saat pemateri dari Kodim 0833 memberi pelatihan PBB pada para peserta (Unikama for MalangTIMES)
Suasana saat pemateri dari Kodim 0833 memberi pelatihan PBB pada para peserta (Unikama for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) Sat 837 Ganeca Wira Tama Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar latihan gabungan dan sosialisasi Peraturan Panglima (Perpang) TNI nomor 58 tahun 2018 tentang peraturan baris-berbaris (7/12/2019).

Dalam latihan gabungan dan juga sosialisasi tersebut, diikuti oleh 167 siswa-siswi dari 11 sekolah SMK se-Malang Raya yang juga merupakan anggota paskibraka.

Komandan Menwa Unikama, Muhammad Ali Maksum, menjelaskan, jika tujuan digelarnya kegiatan latihan gabungan dan sosialisasi Perpang no 58 tahun 2018 ini adalah mengupdate adanya aturan-aturan yang baru dalam peraturan baris-berbaris.

"Peraturan panglima (TNI) tentang peraturan baris-berbaris ada yang haru, makanya kami ingin belajar langsung dari pemateri yang hadir dari anggota TNI dari Kodim 0833," jelasnya. 

Selain belajar mengenai aturan baru dalam peraturan baris-berbaris (PBB), pihaknya juga ingin mengenalkan tentang UKM Menwa serta mengenalkan Kampus Unikama sendiri kepada para peserta.

"Di sini juga sebagai ajang silaturahmi kami, sehingga ketika mungkin nanti kami berpartner di luar dengan mereka bisa langsung nyambung. Selain itu kami harapkan juga dengan sosialisasi ini peserta bisa paham tentang isi Perpang," jelasnya. 

Setelah pemberian materi langsung dari anggota TNI Kodim 0833, dilanjutkan dengan praktek langsung latihan baris-berbaris di halaman Kampus Unikama dan dipimpin langsung oleh pemateri dari Kodim 0833.

Dalam kegiatan tersebut, nampak para peserta begitu antusias dalam mengikuti materi dan latihan baris-berbaris tersebut.

"Kegiatan ini masih perdana, makanya dengan Perpang baru ini, kami manfaatkan untuk belajar juga tentang Perpang yang baru," pungkasnya.