(Dari kiri) Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono, Direktur JTP 3 Suryo Widodo, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Direktur Utama Samuel Rusdi saat membawa pernghargaan usai Anugerah Wisata Jawa Timur. (Foto: istimewa)
(Dari kiri) Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono, Direktur JTP 3 Suryo Widodo, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Direktur Utama Samuel Rusdi saat membawa pernghargaan usai Anugerah Wisata Jawa Timur. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Kota Batu kembali menyabet prestasi bergengsi dalam Anugerah Wisata Jawa Timur. Kali ini prestasi itu diraih dari Taman Rekreasi Selecta dan Jawa Timut Park (JTP) 3.

Selecta meraih penghargaan  terbaik I kategori Daya Tarik Wisata Buatan. Sedangkan Jawa Timur Park 3 masuk 10 besar toilet bersih di kawasan daya tarik wisata.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Penghargaan itu langsung diberikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepala masing-masing pengelola wisata tersebut, Jumat (6/12/2019) malam di Surabaya. Malam penganugerahan itu juga dihadiri  Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono.

Gubernur Khofifah mengatakan, melalui kegiatan itu, akan muncul ‘preferensi’ terhadap produk budaya dan wisata di Jawa Timur. “Saya berharap anugerah apresiasi bupati/wali kota dan pelaku industri pariwisata Jatim akan menambah preferensi kepada produk budaya dan pariwisata,” ungkap dia.

Gubernur juga menyinggung permasalahan infrastruktur dalam menunjang akses menuju ke lokasi wisata. Menurut dia, infrastruktur yang nyaman akan meningkatkan daya tarik wisata dan budaya serta menggairahkan wisatawan mancanegara bertahan lebih lama di Jawa Timur.

"Saya mohon dengan sangat kita punya komitmen terus meningkatkan infrastruktur yang memberikan layanan baik, menyenangkan dan aman bagi wisatawan,” tambahnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono menambahkan, Selecta dipilih Kota Batu lantaran dinilai memilki potensi tertinggi untuk menjadi juara di nominasi wisata buatan.

“Dan ternyata iitu benar. Selecta telah lama menjadi destinasi wisata dan memiliki pengunjung yang cukup besar di Kota Batu,” ungkap Imam.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Setiap tahun Selecta mampu menyumbangkan 1,2 juta wisatawan untuk Kota Batu. Selecta dikenal dengan beragam fasilitas wahana yang terus dikembangkan, selain taman bunganya yang menjadi favorit spot foto.  “Diraihnya prestasi oleh kedua tempat wisata itu menjadi motivasi juga bagi tempat wisata lainnya, khususnya di Kota Batu,” kata Imam.

Dia juga tidak meragukan masuknya  Jatim Park 3 dalam 10 besar anugerah toilet bersih di kawasan daya tarik wisata. Menurut Imam, memang setiap tempat wisata harus menjaga kebersihan dan kenyamanan toilet. 

“Orang ke mana-mana pasti yang dicari juga toilet. Toilet yang bersih dan kering ini menjadi pertimbangan wisatawan. Dan terbukti  JTP itu memiliki fasilitas toilet yang nyaman,” ucap pria yang juga menjabat staf ahli di Pemkot Batu ini.