Kabid Tata Ruang, DPUPR Kota Malang, Dahat Sih Bahagianto (DPUPR)
Kabid Tata Ruang, DPUPR Kota Malang, Dahat Sih Bahagianto (DPUPR)

MALANGTIMES - Komitmen mempercepat selesainya pelayanana kepada masyarakat terus digalakkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang. Salah satunya pengurusan advice planning (AP).

Untuk mengurus AP, jika seluruh persyaratan telah terpenuhi, maka waktu yang diperlukan dalam kepengurusan hingga terbitnya AP tidaklah lama. Sesuai standar, keluarnya AP adalah 18 hari kerja.

Advice planning sendiri  merupakan dokumen penting yang bisa didapat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang sebelum mengurus Izin mendirikan bangunan (IMB) ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Malang.

Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang DPUPR Kota Malang Dahat Sih Bahagianto membenarkan, jika dalam kepengurusan AP seluruh syarat terpenuhi dan lengkap,  AP bisa segera keluar sesuai standar waktu 18 hari kerja.

Dan dalam prosesnya, juga dilakukan penelusuran mengenai bangunan yang akan dibangun, apakah menganggu warga lain atau tidak. Jika dalam penelusuran memang dirasa mengganggu, maka permohonan AP tentu tak bisa keluar dengan pertimbangan tertentu.

DPUPR  juga mengimbau masyarakat agar mengurus sendiri dokumen AP. Hal ini bertujuan menghindari adanya pungutan liar, yang mungkin bisa saja terjadi.

“Jangan sampai menyuruh orang untuk mengurusnya karena kadang mereka meminta-minta imbalan. Dan lebih parahnya lagi, minta imbalan dengan mengatasnamakan staf kami yang meminta imbalan. Marilah kita belajar menjadi masyarakat yang cerdas dan berani, jangan ketergantungan dengan orang lain," ungkap Dahat.

Sementara itu, syarat dalam mengurus AP  juga sangat mudah. Di antaranya adalah mengisi blanko permohonan AP yang dilampiri dengan fotokopi KTP atau fotokopi KTP kuasa apabila menguasakan.

Selain itu, disertai  surat kuasa bila menguasakan, kemudian materai Rp 6.000, fotokopi sertifikat, siteplan bangunan, maupun kelengkapan izin dari kelurahan atau kecamatan.