Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) foto bersama Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo beserta staf dalam pertandingan persahabatan di GOR UB. (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) foto bersama Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo beserta staf dalam pertandingan persahabatan di GOR UB. (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemerintah Kota Malang tampaknya semakin getol menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah lainnya. Setelah sebelumnya melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung untuk meningkatkan potensi UMKM di masing-masing daerah, Kota Malang kembali menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta.

Jalinan kerja sama itu pun dibalut melalui kegiatan fisik yang digelar melalui pertandingan olahraga. Bulu tangkis dan tenis pun menjadi pilihan pertandingan yang disepakati dua pemerintah daerah tersebut. GOR UB (Universitas Brawijaya) pun menjadi saksi pertandingan persahabatan yang dilakukan  Sabtu (7/12/2019) itu.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, berawal dari pertandingan persahabatan itu, kerja sama antar-dua daerah bisa dijalin dengan baik. Dia pun berharap, akan ada kerja sama yang dapat terus ditingkatkan dalam rangka kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap dalam waktu dekat, kami dari Pemkot Malang juga dapat melakukan kunjungan balasan ke Pemkot Surakarta," kata Sutiaji.

Melalui olahraga, lanjut Sutiaji, segala pembahasan permasalahan di masyarakat dapat didiskusikan dengan lebih rileks. Sehingga solusi dari setiap permasalahan yang muncul juga dapat dicapai dengan baik. "Tukar pikiran dan berbagi pengalaman itu penting dilakukan, khususnya bagi perangkat daerah yang melakukan pelayanan kepada publik," ungkap dia.

Terkait hasil laga persahabatan kali ini, Sutiaji menilai menang dan kalah dalam sebuah pertandingan merupakan hal yang biasa. “Kegiatan pertandingan persahabatan kami ini ajangnya silaturahmi, bukan sekadar mencari menang dan kalah,” ucapnya.

Lebih jauh Sutiaji berharap, pertandingan persahabatan tersebut nantinya dapat memberikan motivasi kepada generasi muda untuk terus berolahraga dan ikut serta dalam mengembangkan olahraga bulu tangkis sebagai olahraga yang sangat memasyarakat.

“Karena olahraga ini bisa dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak mengenal suku, kedudukan, status sosial, tapi kita bisa bersatu. Saya kira inilah olahraga pemersatu bangsa kita,” pungkasnya.

Sementara, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan bahwa pertandingan persahabatan ini merupakan wadah dalam mempererat tali silaturahmi antarkedua pemerintah kota. “Bukan mencari menang atau kalah, tapi persaudaraan yang dikedepankan,” ujar dia.

Setelah acara seremonial penerimaan, acara dilanjutkan dengan  pertandingan bulu tangkis antara wali kota Malang dan wali kota Surakarta. Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto, dan Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji turut hadir dalam laga persahabatan tersebut.