Kedua pelaku maling spesialis sepeda yang ditangkap polisi (ist)
Kedua pelaku maling spesialis sepeda yang ditangkap polisi (ist)

MALANGTIMES - Masyarakat Kota Malang saat ini harus lebih hati-hati. Sebab, saat ini bukan hanya motor saja yang menjadi sasaran utama para pelaku pencurian. Pelaku pencurian kini juga menjadikan sepeda ontel bermerek jadi salah satu target favorit.

Baca Juga : Keluarkan Surat Edaran, Mulai Besok Bupati Malang Minta Warga Tidak Keluar Rumah

Selain karena sistem keamanannya tak terlalu rumit dan mudah dicuri, saat ini sepeda-sepeda yang beredar di pasaran adalah sepeda ontel yang memang memiliki range harga tinggi hingga puluhan juta. Hal tersebut kemudian menjadi godaan bagi para pelaku pencurian menyasar sepeda ontel.

Keharusan masyarakat waspada dalam memarkirkan sepeda ontel miliknya, juga ditandai dengan adanya pelaku pencurian spesialis sepeda ontel yang kini marak. Namun beberapa kasus telah diungkap pihak kepolisian.

Seperti halnya baru-baru ini, dua bandit spesialis maling sepeda bermerek, berhasil dicokok Unit Resmob Polresta Malang Kota (6/12/2019). Dua bandit tersebut yakni SDR (47) warga Jalan Gadang Selatan Pasar Buah, Kelurahan Gadang, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang dan AS (37) warga Jalan Ahas Raya, Kelurahan Kedungcoe, Kecamatan Sidotopo, Kota Surabaya.

Dari informasi yang diperoleh, jika kedua pelaku memang spesialis maling sepeda bermerek yang memiliki harga cukup mahal di beberapa lokasi di Kota Malang.

Dari aksi-aksinya tersebut, terdapat beberapa korban yang melaporkan kejadian pencurian ke Polresta Malang Kota. Sehingga setelah itu, petugas pun melakukan penyelidikan dan mendapati identitas yang mengarah ke pelaku dari bukti-bukti yang ada.

Baca Juga : Polisi Akui Kejahatan Jalanan Kota Malang Meningkat Usai Program Asimilasi

Sampai akhirnya, pelaku pun kemudian berhasil tertangkap petugas di kawasan Jalan Raya Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang. Saat itu, pelaku diduga juga tengah mencari sasaran sepeda yang akan dicuri.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus, Sinarmata, melalui Kasat Reskrim, AKP Yunar Yunar Hotma Parulian Sirait, membenarkan jika telah melakukan penangkapan kasus pencurian.

"Saat ini pengembangan masih terus kami lakukan, apakah pelaku juga terkait dengan tindak kejahatan lain
masih kami dalami," jelasnya saat ditemui di ruangannya.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil menyita barang bukti dua buah sepeda gunung bermerek jenis Polygon dan juga sebuah sepeda gunung merek United yang jika dijual berharga sekitar Rp 2 juta sampai Rp 3 juta lebih.