Walikota Malang saat berbaur dengan pasukan kuning dalam kegiatan rapat konsolidasi dan pembinaan  di Gor Ken Arok (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Walikota Malang saat berbaur dengan pasukan kuning dalam kegiatan rapat konsolidasi dan pembinaan di Gor Ken Arok (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji menekankan pentingnya integritas dan etos kerja dalam sebuah pekerjaan. Hal itu disampaikan di hadapan 1.013 pegawai di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang itu hadir dalam Rapat Konsolidasi dan Pembinaan dalam rangka Meningkatkan Integritas dan Kinerja Pegawai DLH Kota Malang, Jumat (6/12/2019) di GOR Ken Arok, Kedungkandang. Dia menegaskan, integritas dan etos kerja merupakan dua hal yang saling berhubungan satu dengan yang lain. 

Menurut Sutiaji,  jika salah satu saja aspek tersebut tak dimiliki pegawai, maka dalam pekerjaan hasilnya tidak akan bagus dan maksimal.

"Nanti jika sudah gabung (Bidang Pertamanan gabung dengan DLH), ya kita akan lakukan konsolidasi lagi untuk menjaga integritas, kemudian etos kerja. Itu penting menurut hemat saya. Karena ketika integritasnya tak dimiliki, maka nanti kerjanya tak akan bagus," tegas Mas Aji, sapaan akrabnya. 

Mengenai akan mergernya Bidang Pertamanan yang saat ini masih di bawah Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Sutiaji mengatakan jika tak melakukan penambahan personel. Pasalnya, Pemkot Malang tidak diperbolehkan melakukan hal tersebut.

"Memang kita tidak diperbolehkan menambah. Di Permenpan kan nggak boleh. Tenaga Pembantu Operasional Kerja (TPOK) saja nanti kita carikan solusi yang terbaik, karena ini kan memang kebutuhan," jelasnya.

Lanjutnya, memang dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) memperbolehkan dalam melakukan penambahan. Namun untuk hal ini, adalah penambahan yang memang ada saat terdapat kegiatan.

"Tapi penambahan harus menempel pada kegiatan. Di sini TPOK menempel kegiatan, sehingga pada nggak perlu sampai satu tahun, ketika enam bulan kontraknya habis ya selesai," ungkapnya

Sementara itu, Kepala DLH Kota Malang, Rinawati menambahkan, kegiatan ini merupakan upaya mempererat dan membangun kebersamaan dalam team work seluruh unsur DLH. Sehingga, diharapkan bisa meningkatkan kinerja yang maksimal untuk melayani masyarakat.

"Ini upaya pembinaan, dengan materi dari wali kota yang memberikan penguatan secara spiritual. Sehingga, bisa mewujudkan sinergi, integritas, inovasi, serta meningkatkan profesionalisme terhadap seluruh para pegawai sehingga mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan maksimal," pungkasnya.