Petugas DLH Kota Malang yang sedang membersihkan sungai di jembatan Tidar (Hendra Saputra)
Petugas DLH Kota Malang yang sedang membersihkan sungai di jembatan Tidar (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Turunnya hujan kerap menjadikan jalan-jalan kotor dengan tumpukan sampah. Biasanya dikarenakan tumpukan sampah dedaunan yang jatuh bersamaan saat hujan. 

Tumpukan sampah itu menjadi pekerjaan tersendiri bagi Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Karena DLH punya tugas menjaga kebersihan di setiap sudut perkotaan. Meskipun petugas terkadang sedikit mengalami kesulitan, karena sampah bercampur dengan air hujan.

Baca Juga : Terkuak, Data Petani Terkena Limbah Greenfields Sejak Tahun Lalu Telah Dilaporkan, Tapi...

Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan DLH Kota Malang Joao Maria Gomes Je Carvalho atau yang akrab disapa Joe mengaku pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar wilayahnya tetap bersih.

"Mau hujan atau panas kami tetap bertugas, karena harapan saya itu melihat Kota Malang selalu bersih," ujar Joe kepada MalangTIMES.

Di sisi lain, pada musim hujan ini DLH juga kerap menyasar jembatan-jembatan yang ada di wilayah Kota Malang untuk menetralisir sampah. Dan, petugas juga membersihkan ranting daun yang sudah over hingga akan masuk ke sungai.

Baca Juga : Hama Tikus Bikin Buntung, Dinas Pertanian : Alat Bantuan Masih Terkendala Lelang

"Itu juga kami lakukan, ada jadwalnya untuk yang di sungai. Jadi kami lakukan itu untuk sampah yang diperkirakan akan menumpuk, supaya aliran sungai tetap lancar," pungkasnya.