Salah satu warga saat ditensi tekanan darahnya oleh petugas di area Sumber Binangun, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Rabu (4/12/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu warga saat ditensi tekanan darahnya oleh petugas di area Sumber Binangun, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Rabu (4/12/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dengan wajah ceria dan antusias, ratusan warga yang berdekatan dengan Sumber Sari, Karangan, Binangun, dan Banyuning, datang ke pengobatan gratis di Sumber Binangun, Dusun Binangun, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Rabu (4/12/2019). Ya pengobatan gratis itu diberikan oleh PDAM Kota Malang dalam rangka HUT PDAM Kota Malang ke-45.

Mereka turun dari mobil yang sebelumnya telah menjemput mereka di daerahnya masing-masing di tempat pengobatan Sumber Binangun, Dusun Binangun, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, sejak pagi hari. Kemudian mereka harus mengantre terlebih dahulu menunggu giliran.

Satu per satu nama mereka dipanggil oleh petugas untuk menuju petugas yang akan memeriksa para warga yang berdekatan dengan 4 sumber milik PDAM Kota Malang. Totalnya warga yang datang itu ada 400 orang. 

Lalu mereka satu persatu mendatangi petugas untuk mengungkapkan keluhan penyakitnya. Ada yang mengeluhkan linu pada badan, dan sebagainya.

Kemudian mereka juga memeriksakan tekanan darah. Setelah selesai berkonsultasi, mereka mendapatkan resep obat sesuai dengan keluhan penyakit masing-masing warga.

“Saya tadi periksa tekanan darah, sama linu-linu yang ada di pinggang. Dan senang ada PDAM Kota Malang yang memperhatikan warga sekitar sumber, kami terima kasih,” ungkap Siti, warga Dusun Binangun, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. 

Menurutnya pengobatan gratis itu cukup diharapkan olehnya juga warga sekitar sumber. Sehingga ke depan agar PDAM Kota Malang bisa memprogramkan pengobatan gratis secara berkelanjutan.

“Harapannya ke depan program seperti ini bisa terus dijalankan kepda masyarakat. Dan ditingkatkan lagi fasilitas yang diberikan,” harapnya. 

Pengobatan gratis itu, merupakan salah satu cara pendekatan PDAM Kota Malang untuk bisa dekat kepada masyarakat sekitar sumber. Sebab warga sekitar bisa bekerjasama dalam menjaga sumber tersebut. 

“Pengobatan gratis ini sebagai wujud terima kasih, karena selama ini sudah kooperatif dan welcome,” kata Direktur PDAM Kota Malang, M. Nor Muhlas.

Ia menambahkan, pengobatan gratis itu juga sebagai bentuk rasa syukur PDAM Kota Malang hingga bisa di usia ke 45 tahun. Sehingga ke depan, PDAM Kota Malang bisa menggelar pengobatan gratis bukan pada saat HUT saja.

“Bukan hanya saat HUT saja ke depan ada pengobatan gratis. Tapi semoga moment-moment lainnya,” harapnya. 

Bukan hanya pengobatan gratis yang pertama kali digelar, sebelumnya PDAM Kota Malang telah memberikan tali asih kepada warga sekitar sumber.

“Sebelum lebaran lalu, bentuk perhatian kami juga telah memberikan tali asih kepada warga sekitar sumber. Dan semoga ke depan bantuan-bantuan yang diberikan itu bisa ditingkatkan,” tutup Muhlas.