Bupati Malang HM Sanusi (pakai peci dan kemeja putih) saat membuka acara Bimtek kepada Satpol PP (Foto: Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Bupati Malang HM Sanusi (pakai peci dan kemeja putih) saat membuka acara Bimtek kepada Satpol PP (Foto: Ashaq Lupito / MalangTIMES)

MALANGTIMES - Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) yang ada di Kabupaten Malang, tidak hanya dituntut memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Namun, jika terjadi bencana, personel berseragam coklat polos ini juga bakal dilibatkan untuk menanggulangi jika musibah terjadi.

Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati Malang, HM Sanusi saat membuka agenda Bimtek (pembinaan teknis) terhadap Satpol PP, Rabu (4/12/2019) pagi. 

”Kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk menggugah semangat kerja bersama untuk membangun . Nantinya, setiap ada kegiatan masa yang memerlukan bantuan personel tambahan, maka Satpol PP juga akan dilibatkan. Termasuk saat penanggulangan bencana yang terjadi di Kabupaten Malang,” kata Sanusi saat ditemui MalangTIMES.com, usai membuka acara Bimtek Satpol PP di salah satu hotel yang ada di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu (4/12/2019).

Terkait terlibatnya Satpol PP dalam penaggulangan bencana, lanjut Sanusi, nantinya para personel juga harus bersinergi dengan berbagai instansi terkait. Salah satunya dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Malang.

”Meski bukan tugas pokoknya, namun tidak ada salahnya jika Satpol PP dilibatkan dalam menanggulangi bencana. Mekanismenya seperti apa nanti bisa dikoordinasikan dengan BPBD. Nantinya setiap personel bisa ditempatkan dimasing-masing daerah rawan musibah. Jika perlu anggota Linmas (Perlindungan Masyarakat) yang ada di tingkat desa maupun kecamatan juga akan dilibatkan untuk menaggulangi bencana,” terang Sanusi.

Ditemui bersamaan, Kepala Satpol PP Kabupaten Malang, Nazarudin Hasan, menuturkan jika agenda Bimtek kali ini bakal berlangsung selama 6 hari. Sedangkan materi yang disampaikan meliputi pemantapan dasar PBB (Peraturan Baris-berbaris), penanggulangan masa saat unras (Unjuk Rasa), hingga penanggulangan bencana dan kebakaran.

”Bimtek kali ini lebih mengutamakan peran pelayanan Satpol PP kepada masyarakat, untuk itu kami akan melibatkan Polres Malang terutama Kasat Binmas untuk memberikan pelatihan dan penyampaian materi terhadap personel Satpol PP,” tukas Nazarudin.