Pemasangan bendera di Terminal Hamid Rusdi yang sebelumnya terpasang terbalik (ist)
Pemasangan bendera di Terminal Hamid Rusdi yang sebelumnya terpasang terbalik (ist)

MALANGTIMES - Kejadian yang memprihatinkan mengenai pemasangan bendera merah putih terjadi di Kota Malang. Pemasangan bendera merah putih secara terbalik nampak jelas terekam dan terabadikan dalam sebuah video yang tersebar melalui media sosial, Whatsapp.

Dalam video yang diperoleh MalangTIMES, nampak jelas terlibat bendera merah putih terpasang di ketinggian tiang bendera secara terbalik, yakni warna merah berada di bawah dan warna putih berada di atas.

Baca Juga : Akhir Kisah Sahabat Rasulullah yang Mengatakan Zakat Adalah Pungli

Selain menampakan secara jelas posisi bendera merah putih yang terpasang terbalik, dalam video tersebut juga menampakkan jelas alamat atau posisi tiang itu berada, yakni di Terminal Hamid Rusdi Kota Malang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Melihat hal itu, MalangTIMES kemudian mencoba mengkonfirmasi perihal pemasangan bendera yang terbalik tersebut dengan mendatangi lokasi Terminal Hamid Rusdi untuk menemui petugas yang berada di Terminal Hamid Rusdi.

Namun di sana MalangTIMES belum bisa mendapati pihak terkait yang bisa memberikan penjelasan mengenai insiden pemasangan bendera yang terbalik tersebut. Kondisi bendera yang sebelumnya terbalik, saat ini juga sudah dalam kondisi normal.

MalangTIMES kemudian ditemui oleh salah seorang petugas, yang memang membenarkan adanya kejadian tersebut.  Dari informasi sementara, jika kejadian tersebut terjadi pada Senin (2/12/2019) pagi.

Saat itu, bendera tersebut dipasang oleh regu A yang saat itu mendapatkan jatah untuk piket di Terminal Hamid Rusdi. Setelah itu, tak lama usai pemasangan bendera tersebut diketahui terbalik, selanjutnya langsung diturunkan oleh regu berikutnya yang mendapat giliran bertugas.

"Sudah diturunkan. Tadi yang masang regu A, pasca itu regu A semua langsung dipanggil sama pimpinan. Satu regu sekitar 10 orang. Tapi saya rasa nggak ada maksud aneh-aneh, mungkin hanya kurang teliti saat itu," jelas salah seorang petugas yang enggan menyebut namanya.

Sementara itu, Komandan Regu A yang saat itu bertugas saat insiden pemasangan bendera terbalik, Lukito, ketika dihubungi enggan menjelaskan secara detail perihal pemasangan bendera yang terbalik tersebut. Dia meminta agar langsung meminta konfirmasi kepada Kepala UPT Terminal.

Baca Juga : Pengantin 'Masker', Anak Kapolsek Beji Menyambut Hari Bahagia di Tengah Pandemi Covid-19

Namun ketika Kepala UPT Terminal yang diketahui bernama Laili dihubungi melalui sambungan telepon maupun Whatsapp, MalangTIMES belum mendapatkan jawaban, karena nomor yang dihubungi dalam kondisi tidak aktif.

Dilain sisi,  Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jatim Aries Agung Paewai, melalui rilis yang dikirim menjelaskan, jika saat ini sedang diadakan investigasi terhadap tiga orang petugas Dishub yang mengibarkan bendera bersama dengan unsur kepolisian dan TNI.

"Hasil sementara ini tidak ada unsur kesengajaan. Namun, diakui sebagai  kelalaian petugas tidak memperhatikan dengan baik saat mengibarkan bendera pada pagi hari," jelasnya melalui rilis yang dikirim.

Terhadap kelalaian tersebut, selanjutnya tiga petugas itu sementara ditarik ke kantor UPTD Malang untuk mempertanggungjawabkan tindakannya, sekaligus mendapatkan pembinaan bersama pihak Kepolisian dan TNI.