Kabag Bina Mental Bambang Saputra SH (kiri) saat memberikan keterangan kepada wartawan (foto : dok / Jatim TIMES)
Kabag Bina Mental Bambang Saputra SH (kiri) saat memberikan keterangan kepada wartawan (foto : dok / Jatim TIMES)

MALANGTIMES - Momentum Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2019 di Jember, bakal digelar event Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Braile untuk kelompok tunanetra tingkat Jawa Timur. Rencananya, acara ini akan digelar selama 3 hari, yakni mulai 6-8 Desember 2019.

“Peserta MTQ Braile ini diperuntukan untuk penyandang disabilitas tunanetra se Jawa Timur, untuk segala usia, dengan total hadiah Rp 48 juta. Sampai saat ini pendaftaran masih dibuka di kantor bagian Bina Mental Pemkab Jember,” ujar Kepala Bagian Bina Mental Pemkab Jember, Bambang Saputra.

Bambang menambahkan, pihaknya juga menyiapkan segala akomodasi bagi peserta dari luar Jember, yakni penginapan termasuk konsumsinya untuk 1 peserta dan 1 pendamping. “Kami berharap warga Jawa Timur yang ingin ikut musabaqoh ini bisa langsung mendaftar via online,” ujar Bambang.

Sementara Bupati Jember dr. Faida MMR mengatakan, bahwa peringatan HDI ke 4 di Jember, yang merupakan kegiatan tahunan, adalah panggung bagi penyandang disabilitas. Selain menggelar MTQ untuk penyandang tunanetra, HDI juga sebagai wujud kepedulian Pemkab Jember terhadap penyandang disabilitas.

“Kegiatan HDI adalah panggung bagi penyandang disabilitas, dan perhatian pemkab ini sebagai penyemangat bagi mereka yang terlahir dengan kondisi fisik kurang sempurna. Kalau mereka bersemangat, Allah pasti akan memberi jalan,” pungkas Bupati. (*)