D'Kross saat kunjungan ke Bali yang disambut meriah oleh Aremania Dewata. (ist)
D'Kross saat kunjungan ke Bali yang disambut meriah oleh Aremania Dewata. (ist)

MALANGTIMES - Salah satu band kebanggaan warga Malang, D'Kross, baru saja menuntaskan rangkaian konser tur silaturahmi ke Indonesia Tengah akhir pekan kemarin.

Dalam agenda tur tersebut, D'Kross bersama sang frontman, yakni Ade Herawanto alias Sam Ade, mengunjungi dua wilayah sekaligus. Yakni Pulau Bali dan Pulau Lombok.

Baca Juga : Didi Kempot Gelar Konser Amal dari Rumah, Hanya 3 Jam Donasi Capai Rp 5,3 Milliar

Di Bali, lokasi acara di Mall Park Denpasar. Kehadiran Sam Ade bersama rombongan D'Kross berhasil menghentakkan suasana menjadi lebih meriah lagi. Aremania Dewata dan sekitarnya tampak begitu menikmati aksi band dari Bumi Arema itu. Di situ, keakraban dan kebersamaan terjalin dengan hangat.

Di Bali, aksi Sam Ade bersama D'Kross bertambah seru saat tampil bareng Richard D'Gilis, seorang penyanyi reggae terkemuka dari komunitas reggae di Bali. Penampilan keduanya begitu menghibur para penonton yang datang.

Penonton yang datang salah satunya dari Badung, yakni Ir Anak Agung Gede Agung Dalem MT. Dia hadir bersama istri dan anaknya.

 Anak Agung Gede Agung Dalem MT juga merupakan salah satu pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Badung. Dia merupakan sahabat Sam Ade sewaktu kuliah di UGM, Jogjakarta.  

“Bertemu dengan Aremania di mana pun sudah sering saya lakukan. Sewaktu ada kegiatan, baik itu kegiatan pribadi maupun keluarga saat Sabtu dan Minggu, saya sempatkan silaturahmi dengan siapa saja, terutama kantong Arema di Indonesia bahkan dunia,” ujar Sam Ade yang juga dikenal sebagai tokoh Aremania.

Pria yang sehari-harinya merupakan kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang itu menegaskan bahwa pihaknya sengaja melakukan tur. Pasalnya, memang hal itu adalah kegiatan positif dalam menjaga silaturahmi maupun rasa seduluran serta persaudaraan yang semakin erat dengan Aremania yang ada di luar Malang.

"Silaturahmi itu membahagiakan. Bikin awet muda. Tentu silaturahmi secara langsung, bukan di dunia maya maupun gadget. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Ini penting bagi kita. Kita selalu santun di rantau, jaga seduluran,” pesannya.  

Sementara itu, Ketua Umum Arema Dewata Harry Dawir menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan Sam Ade dan D'Kross. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan, saat ini jumlah anggota Aremania Dewata sangatlah banyak. Ada 1.051 orang yang telah memiliki kartu tanda anggota (KTA). Sedangkan warga Malang  yang berada di Bali mencapai 5.000 orang.

“Kami sangat senang karena bisa berkomunikasi dengan sesama arek Malang. Aremania Dewata tersebar di 13 korwil,” kata Harry Dawir.

Selain Dawir, ada juga sang wakil ketua Sam Anto, sekretarisnya Sam Dodik dan Sam Irul yang menyambut d'Kross di Bali.

Baca Juga : SBY Persembahkan 'Cahaya Dalam Kegelapan', Lagu Bagi Para Pejuang Covid-19

Setelah itu, D'Kross  bertolak ke Gili Trawangan untuk Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).  Arek Malang dan sejumlah tokoh terkemuka NTB sudah menanti.

Di sana, rombongan D'Kross dibuat kagum dengan sambutan antusias Arema Lombok, anggota komunitas Gili Feature, sejumlah tokoh hingga turis mancanegara. Apalagi Sam Ade d’Kross datang bersama sahabatnya, Richard D'Gilis.

Tokoh-tokoh yang ikut menyambut Sam Ade d‘Kross di antaranya tokoh masyarakat Gili Trawangan Haji Malik, Baso yang akrab disapa Pak Bro, Haji Saro, dan tokoh-tokoh pemuda setempat dari Komunitas Gili Feature seperti Weis, Rudi, dan Tole.  

“Tujuan kami ke sini sama dengan silaturahmi di Bali. Menjalin persaudaraan. Kami senang karena disambut dengan sangat baik,” kata Sam Ade d’Kross.

Kehadiran d’Kross di Gili Trawangan mengundang perhatian wisatawan asing. Mereka terkagum-kagum. Salah satunya disampaikan Roxanne, vlogger asal Australia.

"D'Kross adalah band yang hebat. Mereka semua adalah musisi yang baik dengan sikap positif. Saya sangat menikmati jamming bersama mereka di Gili Trawangan,” pungkas Roxanne.