Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Sinarmata (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Sinarmata (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Memulai gebrakan pelayanan Polresta Malang Kota usai naik tipe, Kapolres Malang Kota, AKBP Leonardus Simarmata, akan memulai dalam memaksimalkan pelayanan dengan segera mengeluarkan aplikasi pelayanan dalam genggaman.

"Ya dalam waktu dekat ini kami akan me-launching aplikasi berbasis android, di mana masyarakat setiap saat bisa berinteraksi dan meminta bantuan," beber Leo, sapaan akrab Kapolresta Malang Kota itu (3/12/2019).

Selain itu, dalam aplikasi tersebut dijelaskan Leo, juga terdapat beberapa fitur lain yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Misalnya, terkait informasi pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), laporan kehilangan, Surat Izin Mengemudi (SIM), maupun laporan kepolisian lain.

"Insya Allah kami matangkan dulu, ini kami akan bikin casing atau rumahnya dan kita sosialisasikan pada masyarakat. Meskipun sudah ada panic button, namun akan lebih kami sempurnakan lagi," ucapnya.

Yang istimewa, aplikasi yang akan diluncurkan nantinya bukan hanya untuk masyarakat Kota Malang saja. Nantinya, pengunjung atau masyarakat dari luar Kota Malang juga bisa menikmati dan memanfaatkan aplikasi tersebut. 

"Di luar Kota Malang, di Jakarta juga bisa. Misalkan memerlukan bantuan, yang keluarganya di sini. Tapi kembali lagi, tentu harus peran serta semuanya," jelasnya.

Sementara itu, ditanya mengenai target peluncuran, Leo meminta masyarakat untuk bersabar. Pihak Polresta Malang Kota juga masih menunggu tuntasnya persiapan-persiapan yang terus dilakukan. "Mohon waktu, paling tidak tiga bulanan lah," pungkasnya.