Arumi Bachsin saat melihat kalung di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Senin (2/12/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Arumi Bachsin saat melihat kalung di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Senin (2/12/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - ‘Bagus loh’ celetukan itu muncul saat istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak yakni Arumi Bachsin yang juga Ketua Umum Tim Penggerak PKK Jatim saat menyaksikan stand kerajinan warga Kota Batu di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Senin (2/12/2019). 

“Bagus loh ini karya handmade ini. Hasilnya berbeda dengan tempat-tempat lain, enggak kalah sama yang di luar negeri,” ungkap Arumi usai mengukuhkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kota Batu. 

Mulanya Arumi melihat di area karya pakaian batik. Ia pun melihat satu per satu karya handmade yang disuguhkan di stand tersebut.

Belum ada yang membuatnya tertarik, ia bergeser ke stand lainnya yakni di area aksesoris. Di area aksesoris itu, Arumi mulai tertarik dengan salah satu kalung yang dipajang. 

Yakni kalung tang terbuat dari goni dan rami harganya Rp 125 ribu. Setelah tertarik dengan kalung itu, tenyarmta ibu dua anak itu melirik dompet yang cukup bagis.

Ternyata dompet yang sederhana itu terbuat dari jerami yang kemudian didesain menjadi dompet cantik.

“Karya-karya yang bagus ini jika diberi bekal pelatihan terus menerus pasti akan tembus pasar international,” katanya. 

Sedang karya handmade itu adalah buatan dari warga Kelurahan Sisir Kecamatan Batu, dan Kelurahan Temas, Kecamatan Batu.