Bupati Malang Sanusi saat melakukan pelantikan pejabat baru di lingkungan Pemkab Malang (Humas Pemkab Malang for MalangTIMES)
Bupati Malang Sanusi saat melakukan pelantikan pejabat baru di lingkungan Pemkab Malang (Humas Pemkab Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Setelah hampir satu tahun lebih tanpa pimpinan, dan hanya diisi Plt Kepala Dinas, tiga organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Malang kini sah memiliki komando baru. 

Melalui Surat Keputusan Bupati Malang Nomor 821.2/394/35.07.201/2019 tanggal 29 November 2019 tentang Pengangkatan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang. 3 OPD tersebut adalah Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Dinas Kesehatan dan Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA).

Pengisian kepala dinas di 3 OPD itu pun memantik asa untuk semakin mempercepat jalannya roda pemerintah Kabupaten Malang. Pasalnya, ketiga OPD itu memiliki peran strategis dalam sektor pembangunan di era saat ini. 

Diskominfo, misalnya, menjadi jantungnya Pemkab Malang dalam melakukan penguatan informasi kepemerintahan melalui berbagai kegiatannya. Baik lewat berbagai situs resmi pemerintah yang saat ini terbilang jauh dari harapan masyarakat, sampai pada proses penguatan para operator di tingkat desa dalam menginformasikan berbagai kegiatan positif.
Tugas ini yang dulu dipegang Ferry Hari Agung sebagai Plh Kepala Diskominfo beralih ke Aniswaty Aziz.

Hal sama juga terjadi di Dinas Kesehatan sebagai OPD yang bertanggungjawab pada berbagai persoalan kesehatan masyarakat Kabupaten Malang yang saat ini dirundung berbagai permasalahan penting. Arbani Mukti Wibowo yang menjadi Kadinkes baru ini ditantang untuk bisa menurunkan angka stunting, penyakit tidak menular mematikan, HIV/AIDS, sampai pada strategi membumikan kesadaran gemar hidup sehat. 

Dinas PU SDA Kabupaten Malang pun demikian. Tantangan ke depan terkait air menjadi tantangan besar bagi Kepala Dinas barunya yaitu Avicenna Medisica Sani Putera yang sempat lama menjabat sebagai Plt. Selain pekerjaan rumah untuk juga semakin terbuka menginformasikan berbagai strategi, program dan kinerja dinas yang selama ini terkesan "tertutup atau menutup diri" dari publik.

Berbagai tantangan itulah yang membuat Bupati Malang Sanusi meminta para kepala dinas baru itu untuk segera langsung bekerja. "Segera bekerja dan memacu kinerja dimasing-masing OPD-nya. Langsung laksanakan semua yang jadi tupoksinya secara maksimal, penuh dedikasi dan tanggungjawab," tegasnya kepada para pejabat yang dilantik.

Instruksi Sanusi ini didasarkan juga pada tantangan dan permasalahan yang kian kompleks, baik di tiga OPD maupun jajaran lainnya yang kini telah secara sah para pejabatnya mendapat SPMT (Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas) dan memulai kerja pada tanggal 2 Desember 2019, hari ini.

"Tantangan dan persoalan semakin kompleks. Harapan masyarakat juga semakin tinggi kepada kita. Untuk menjawab semua itu dibutuhkan komitmen kuat, kinerja baik serta jangan lupa terus meningkatkan kompetensi diri masing-masing," ujar Sanusi.

Politis PKB ini juga menyampaikan, bahwa untuk tiga Kadis baru yang telah dilantik dan wajib berlari kencang sejak hari ini, dilalui sesuai aturan pengangkatan ASN. Dimana, proses seleksi sampai pada hasil akhir yang dilalui telah dilakukan secara profesional oleh tim baperjakat (badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan), beberapa bulan lalu.

Hal ini disampaikan Sanusi, agar tak terjadi lagi polemik berkepanjangan terkait mutasi pejabat di Kabupaten Malang yang juga sempat ramai di masyarakat, beberapa bulan lalu.

"Semua yang dilantik yaitu sebanyak 98 orang sudah sesuai prosedur dan aturan. Mereka yang terbaik diantara yang baik. Karena itu pula saya minta kepada mereka semua untuk banyak membantu saya dalam melakukan percepatan pencapaian program kerja," ucapnya.

Tiga OPD yang kini diisi oleh eks Direktur RSUD Lawang Arbani di pos Dinkes, Aniswaty yang menggeser Ferry yang kini didapuk menjabat kepala bagian pengadaan barang dan jasa (PBJ) di Diskominfo, serta Avicenna yang baik dari Plt menjadi Kadis. Tentunya akan ditunggu masyarakat Kabupaten Malang terkait berbagai gebrakan barunya di dinas masing-masing.