Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menanam pohon di area Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menanam pohon di area Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Peraturan Wali (Perwali) Kota Batu tentang tanam pohon bagi warga Kota Batu bakal diterbitkan. Dengan hadirnya Perwali, setiap warga Kota Batu diwajibkan menanam pohon.

Hadirnya perwali ini sebagai upaya agar  masyarakat Kota Batu ikut menjaga kelestarian lingkungan dan sumber mata air di Kota Batu. Sebab, kondisi mata air di Kota Batu debit dan sumbernya terus berkurang.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, akan segera mempersiapkan perwali wajib tanam pohon bagi warga Kota Batu. Jika nantinya warga Kota Batu tidak mentaati perwali ada sanksi yang akan diberikan.

“Sanksi yang akan diberikan ini adalah dokumen kependudukan tidak akan kami keluarkan,” ungkap Dewanti.

Rencananya, sambung Dewanti, kebijakan tersebut akan diterapkan pada tahun 2020 mendatang.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menyeimbangkan perkembangan Kota Batu sebagai destinasi pariwisata. Sehingga ia meminta khususnya kepada mereka yang memiliki istri sedang hamil agar menanam pohon.

“Bukan hanya sekadar menanam saja, tapi juga merawatnya. Jadi ketika nanti mau mengurus akta kelahiran anan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dikpendukcapil) Kota Batu) bisa mudah mengeluarkan dokumen kependudukan,” imbuhnya.

Ia pun berharap jika perwali ini sudah dibentuk dan diterbitkan agar bisa diikuti oleh masyarakat Kota Batu. “Harapannya agar mendatang perwali ini bisa terwujud dan dijalankan bersama,” harap istri Eddy Rumpoko ini.