Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung saat ditemui awak media terkait rumor perpindahan 5 polsek di wilayah Polres Malang ke Polresta Malang (Foto : Dokumen MalangTIMES)
Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung saat ditemui awak media terkait rumor perpindahan 5 polsek di wilayah Polres Malang ke Polresta Malang (Foto : Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Terkait kabar berpindahnya 5 Polsek yang semula ada di bawah naungan wilayah Hukum Polres Malang ke Polresta Malang. AKBP Yade Setiawan Ujung selaku Kapolres Malang, membantah adanya kabar tersebut.

Pihaknya menegaskan jika hingga saat ini, tidak ada keputusan terkait perpindahan beberapa polsek mulai dari Polsek Singosari, Polsek Lawang, Polsek Pakis, Polsek Karangploso, dan Polsek Dau tersebut. ”Apa, gak ada itu polsek yang akan gabung ke Polresta Malang,” kata Ujung saat ditemui awak media usai menghadiri agenda pemerintahan di Ruang Rapat Paripurna DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Malang, Jumat (29/11/2019) sore.

Perlu diketahui, beberapa waktu lalu status ​ Polres Malang Kota resmi dinaikkan menjadi Polresta Malang. Terkait naiknya status tersebut, juga sempat tersiar kabar jika beberapa Polsek yang semula ada di wilayah hukum Polres Malang, akan diusulkan bergabung ke wilayah hukum Polresta Malang.

Ada 5 Polsek yang dikabarkan akan berpindah, yakni Polsek Lawang, Polsek Singosari, Polsek Pakis, Polsek Dau, dan Polsek Karangploso. Hal itu disampaikan langsung oleh, Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan.

”Kalau ketentuan Polres Malang Kota jadi Polresta Malang itu jelas ada perpol-nya (Peraturan Kepolisian). Tapi di dalam perpol tersebut tidak ada pembahasan soal perpindahan itu (5 polsek yang ada di bawah naungan Polres Malang ke Polresta Malang),” tegas Ujung.

Perwira polisi dengan pangkat dua melati di bahu ini, menjelaskan jika terkait perpindahan polsek biasanya harus ada instruksi dari pusat. Keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Kepolisian. ”Sampai saat ini belum ada perpolnya,” jelas Ujung.

Senada dengan yang disampaikan Ujung, Kapolsek Singosari, Kompol Untung Bagyo Riyanto, juga menyampaikan jika saat ini wilayah hukum Polsek Singosari masih masuk ranah Polres Malang. ”Ya engak mas, masih tetap ikut wilayah hukum Polres Malang,” ungkap mantan Kapolsek Lowokwaru ini, saat ditemui usai menghadiri agenda di Kantor DRDD Kabupaten Malang, Jumat (29/11/2019).