Polres Malang Kota yang kini naik tipe menjadi Polresta Malang Kota (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Polres Malang Kota yang kini naik tipe menjadi Polresta Malang Kota (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Polres Malang Kota saat ini telah mengalami peningkatan tipe menjadi Polres Kota (Polresta) Malang Kota. Hal itu berdampak pada sejumlah perubahan berbagai aspek, baik itu anggaran maupun sumberdaya manusia (SDM) atau personel yang harus ditambah.

Mengenai penambahan personel, dijelaskan Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, jika jumlah personel yang perlu ditambahkan di Polres Malang Kota masih belum bisa dipastikan.

"Saat ini masih proses perhitungan. Dan ini sedang dihitung, di SDM sudah ada.  Dengan perubahan tipe pasti ada perubahan personel, anggaran dan peralatan," jelasnya

Penambahan personel tersebut memang diperlukan guna menunjang tugas-tugas dari Polresta Malang Kota. Sebab tantangan dan pekerjaan dari dampak peningkatan tipe tersebut tentu akan jauh lebih berat.

"Untuk jumlah pasti personelnya nanti dengan SDM," jelasnya. 

Selain penambahan personel, peningkatan tipe tersebut juga akan berdampak pada pencaplokan wilayah utara yang dahulu masuk wilayah hukum Polres Malang Kabupaten.

"Yang jelas wilayah nanti masih dalam proses, tidak menutup kemungkinan Wilayah Kabupaten yang dekat dengan Kota Malang, kita akan ambil seperti jalur ke Singosari, Lawang, nanti akan kita bicarakan lebih lanjut," jelasnya. 

Sementara itu dijelaskannya lebih lanjut, mengenai peningkatan tipe Polres, terdapat proses-proses panjang yang terjadi sebelum adanya perubahan tipe ini, baik itu di internal maupun eksternal. 

Sehingga keputusan untuk perubahan tipe bukan hanya berdasarkan hasil kinerja melainkan juga dari hasil dukungan masyarakat dan Forkopimda.