Konsep Malang Creative Center (MCC) yang akan dibangun 8 lantai (Foto: Istimewa)
Konsep Malang Creative Center (MCC) yang akan dibangun 8 lantai (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES -  Hasil evaluasi Rencana Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 Kota Malang telah dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawansa.

Dalam data tersebut, salah satu hal yang menjadi sorotan yakni proyek pembangunan Malang Creative Center (MCC) yang direncanakan segera dibangun pada 2020 mendatang. Proyek ini rencananya bakal dibangun 8 lantai dengan anggaran Rp 125 miliar.

Perencanaan teknis pembangunan gedung diminta untuk dipertimbangkan, karena dirasa masih memerlukan spesifikasi yang cukup tinggi. Hal itu mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) no 73 tahun 2011 tentang Pembangunan Bangunan Gedung Negara.

Mengingat alokasi anggaran yang juga cukup besar, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang diminta untuk memperhatikan jangka penyelesaian atas pengerjaan fisik supaya terhindar dari permasalahan hukum yang timbul di kemudian hari. Seperti, pelaksanaan kegiatan yang dilangsungkan Multi Years (tahun jamak).

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Malang Sutiaji tidak begitu gusar terkait hasil evaluasi tersebut. Ia mempertimbangkan kembali terkait pembangunan gedung MCC dengan pembuatan schedule atau timeline yang jelas.

"Semua evaluasi itu normatif ya, contohnya masalah MCC ini. Ya memang itu tidak multi years, kan single years dalam satu tahun. Mohon dipertimbangkan dengan membuat schedule atau timeline yang jelas, ya supaya tidak bermasalah itu kan wajar mengingatkan," ujarnya, ditemui awak media, Jum'at (29/11).

Lebih lanjut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto menyatakan jika hasil evaluasi tersebut dijadikan sebagai sebuah rambu-rambu dalam penyelesaian perencanaan bangunan MCC dalam satu tahun anggaran. "Evaluatornya mengatakan begitu, ya memang penganggarannyapun kita single years bukan multi years, tapi kan pasti selesai," jelasnya.

Adapun terkait kabar mengenai pembangunan 8 lantai dalam MCC yang kurang disetujui anggota legislatif, Wasto menjelaskan jika dokumen penganggaran telah final di ranah Provinsi. Artinya, tidak perlu ada pembahasan ulang dan tetap akan dilangsungkan dengan konsep awal.

"Itu secara dokumen penganggaran sudah final di provinsi, menjadi kewenangan provinsi. Provinsi mengevaluasi, evaluasi itu perlu kita jawab. Jawabnya ya berdasarkan hasil evaluasi bukan pembahasan ulang (terkait konsep pembangunan MCC 8 lantai). Jadi, itu akan tetap, tahun depan mulai dibangun," tandasnya.

Diketahui, proyek pembangunan yang bakal menempati kantor PDAM lama dengan 8 lantai tersebut, nantinya masih akan terus berproses. Yang mana, di dalamnya akan berisi fasilitas kebutuhan bagi pelaku industri kreatif di Kota Malang. Mulai dari rumah film, studio foto, aula pertunjukan, peralatan animasi, games dan masih banyak lainnya.