Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Peringatan Hari Guru, Wali Kota Malang Sutiaji Bacakan Puisi

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Lazuardi Firdaus

29 - Nov - 2019, 14:00

Upacara peringatan HUT ke-48 KORPRI, HUT ke-74 PGRI, dan Hari Guru Nasional di Halaman Balaikota Malang, Jum'at (29/11) (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Upacara peringatan HUT ke-48 KORPRI, HUT ke-74 PGRI, dan Hari Guru Nasional di Halaman Balaikota Malang, Jum'at (29/11) (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Peringatan Hari Guru Nasional di Kota Malang rupanya digelar dengan cara berbeda. Dalam kegiatan yang sekaligus memperingati HUT ke-48 KORPRI (Korps Pegawai Republik Indonesia) dan HUT ke-74 PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) ini, secara khusus Wali Kota Malang Sutiaji membacakan puisi berjudul 'Guruku Pahlawanku'.

Pembacaan puisi itu sebagai salah satu bentuk dalam mengapresiasi jasa-jasa para guru yang telah membentuk budi pekerti para siswa-siswinya.

'Guru...
Tiada kata yang pantas kami ucapkan
Selain terimakasih atas semua jasa-jasamu
Maafkan kami jika membuatmu kecewa
Jasa-jasamu akan kami semat abadi di sepanjang hidup kami
Terimakasih guruku, engkau pahlawanku"

Begitulah salah satu penggalan puisi yang dibacakannya yang disambut tepuk tangan meriah oleh peserta upacara yang dihadiri Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dan jajaran guru se-Kota Malang itu.

Sutiaji menyatakan, upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam mendukung kinerja guru mewujudkan generasi-generasi unggul telah dilakukan. Yakni, dengan mengedepankan pendidikan karakter bagi siswa-siswi sekolah.

"Tentu kita mengambil pola pendidikan karakter itu. Dan sebetulnya apa yang saat ini disampaikan oleh menteri pendidikan juga telah saya kritisi sejak lama, bahwa penguatan pendidikan karakter itu perlu dilakukan. Bagaimana itu sekarang yang kita kuatkan," ujarnya.

Melalui pendidikan karakter, bagi dia nantinya seorang anak akan memiliki kurikulum rekam jejak. Terlebih di era revolusi industri 4.0 ini, menurutnya segala konsep inovasi dan kreativitas dalam memberikan pengajaran terhadap siswa juga akan berubah.

Karenanya, di momen peringatan tiga komponen yakni HUT ke-48 KORPRI, HUT ke-74 PGRI, dan Hari Guru Nasional ia mengharapkan jasa para guru bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita ingin semuanya menjadi organisasi dengan penuh inovasi dan kreativitas. Terlebih di era revolusi 4.0, yang tidak memiliki batas-batas, teknologi yang semakin canggih, cara kerja kita juga berubah. Sedangkan paradigmanya sekarang masyarakat menuntut lebih dan lebih. Keterpaduan ini kita harapkan mampu menjadi integritas dalam mengimplementasikan pendidikan karakter bangsa, dengan akselerasi budaya yang cukup kuat," pungkasnya.


Topik

Peristiwa malang berita malang Peringatan-Hari-Guru Wali-Kota-Malang-Sutiaji Korps-Pegawai-Republik-Indonesia Persatuan-Guru-Republik-Indonesia


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Lazuardi Firdaus