Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Batu, Siswanto. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Batu, Siswanto. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Open bidding atau seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) bakal dibuka Pemkot Batu melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Batu. Open Bidding kali ini bakal dibuka pada Desember 2019 mendatang.

Rencananya, open bidding itu bakal dibuka untuk enam kursi jabatan yang kosong. Enam kursi itu yakni Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Satpol PP, Kepala Inspektorat, Asisten 1 Bagian Administrasi Pemerintahan, dan dua Staff Ahli Wali Kota Batu.

Kepala BKPSDM Kota Batu Siswanto mengatakan, open bidding enam jabatan kosong itu akan dibuka pada bulan Desember mendatang. “Kalau bisa paling cepat itu bulan Desember paling lambat bulan Januari tahun 2020,” ucap Siswanto.

Sebelum dibuka open bidding itu lanjut Siswanto, terlebih dahulu membentuk panitia seleksi yang terdiri dari Pemkot Batu, Pemprov Jawa Timur, dan perguruan tinggi. Setelah terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN).

Persyaratan bagi mereka yang ingin mengikuti harus berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Pemkot Batu atau Pemda di Provinsi Jatim. Juga berusia maksimal 56 tahun, dan berpangkat paling rendah pembina IVa dan menjabat sekurang-kurangnya dua tahun. 

“Dan untuk yang eselon III masih menunggu juknis lebih lanjut. Karena nantinya pejabat eselon III, IV, dan V tersebut dialihkan menjadi jabatan fungsional,” ujarnya.

Menurutnya perubahan tersebut, lanjut dia, mengacu Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 393 Tahun 2019 tentang langkah strategis dan konkret penyederhanaan birokrasi.