Kepala Bakorwil III, Benny Sampir Wanto bersama pemateri dan UMKM se-Malang Raya di Hotel Ciptaningati Kota Batu, Kamis (28/11/2019).
Kepala Bakorwil III, Benny Sampir Wanto bersama pemateri dan UMKM se-Malang Raya di Hotel Ciptaningati Kota Batu, Kamis (28/11/2019).

MALANGTIMES - Video tourism yang mengangkat potensi daerah dengan foto human interest dan video pendek wisata dibahas serius dalam  workshop Startup community sharing. Dua materi itu yang jadi fokus bahasan Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pemerintahan dan Pembangunan III Provinsi Jawa Timur kepada para pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Malang Raya di Hotel Ciptaningati Kota Batu, Kamis (28/11/2019).

UMKM yang mengikuti ini ada kurang lebih 100 orang di area Malang Raya. Workshop Start Up Community Sharing yang diberikan itu merupakan kebutuhan para UMKM Malang Raya.

Materi itu diisi oleh  para pakarnya yakni Angger Diri Wiranata Co founder Dusdukduk Chief product Development dan Endahing Nur Suyanti Founder Komunitas Pelanusa.

Kepala Bakorwil III, Benny Sampir Wanto mengatakan, Workshop Start Up Community Sharing untuk membantu memperbanyak jaringan dan relasi. Sehingga nantinya dapat mendorong kemajuan bisnis dan mendapatkan informasi peluang bisnis baru.

“Juga menambah wawasan dan insight baru di dunia start up dan menambah networking akan bergabung dengan start up founder dari latar belakang industri yang berbeda,” kata Benny.

Ia menambahkan, kegiatan juga untuk menyukseskan program dari Gubernur Jatim adalah East Java Super Corridor (EJSC) untuk merangkul para pelaku usaha, Sehingga anak-anak muda yang terjun dalam kerja freelance di Jatim, dapat mengangkat potensi di wilayahnya sebagai start up.

Program EJSC Gubernur Jatim ingin mewadahi pelaku start up. “Mulai dari medirikan Milenial Job Center (MJC), digitalisasi UMKM, dan perizinan-perizinan Pemprov Jatim yang seluruhnya ditempatkan dimasing-masing khususnya di Bakorwil 3,” ungkapnya.

Sebelumnya Bakorwil Pemerintahan dan Pembangunan III provinsi Jawa Timur ini juga sudah melakukan workshop di beberapa daerah Jawa Timur.  Antara lain di Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Blitar, dan berakhir di Malang Raya.

"Setiap daerah ini menngangkat tema-tema yang berbeda, seperti workshop hak intelektual, hak paten, dan merk. Lalu ada workshop infografis, ramah lingkungan, videografis, food fotografi, hingga marketing online," tutup Benny.