Kawasan Jalan Ijen yang masuk KTL (Doc MalangTIMES)
Kawasan Jalan Ijen yang masuk KTL (Doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Masyarakat pengemudi kendaraan bermotor, jangan sekali-kali pernah melakukan pelanggaran di kawasan ini. Pasalnya, sanksi melanggar di kawasan ini dua kali jauh lebih berat dibandingkan melanggar di lokasi lain.

Kawasan apakah itu? Ya kawasan tersebut merupakan Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL). Yakni kawasan yang mendapat perhatian dan ditetapkan menjadi kawasan yang harus benar-benar tertib guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran.

Untuk di Kota Malang, kawasan KTL berada di Jalan Ijen, Jalan Merdeka, Jalan JA Suprapto, dan beberapa jalan protokol lain.

Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro, membenarkan, jika para pengendara yang melakukan pelanggaran di kawasan KTL, memang akan mendapatkan sanksi yang jauh lebih berat. Sanksi tersebut merupakan denda maksimal.

"Ketika melakukan satu pelanggaran, dendanya memang beda dengan melanggar di lokasi biasa. Jika dendanya misalnya Rp 250 maka akan menjadi denda maksimal lebih mahal, bisa Rp 500 ribu," jelasnya.

Kawasan KTL sendiri memang mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Kasatlantas juga menyampaikan, jika tak menutup kemungkinan seluruh kawasan jalan di Kota Malang akan menjadi kawasan KTL. Karenanya, ia berharap agar masyarakat bisa semakin lebih tertib lagi dalam berlalu lintas guna keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

“Ada beberapa perbedaan perlakuan atas identitas jalan. Kalau terjadi pelanggaran di jalur KTL, tentu berbeda sanksi dendanya dibanding jalur yang lain. Karenanya, ke depan, diharapkan semuanya bisa tertib dalam berlalu lintas," pungkasnya.