Nampak kendaran-kendaraan di Jalan Kolonel Sugiono yang mengular dan harus berjalan merayap (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Nampak kendaran-kendaraan di Jalan Kolonel Sugiono yang mengular dan harus berjalan merayap (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES -  Kebakaran yang melanda enam kios di Jalan Kolonel Sugiono, Kota Malang memicu kemacetan. Kemacetan terjadi dari kedua arah, baik dari arah Kabupaten Malang, maupun dari arah Kota Malang. Bahkan kemacetan membuat kendaraan mengular lebih dari tiga kilometer dari kedua arah.

Untuk mengurai kemacetan, akhirnya petugas kepolisian memberlakukan sistem buka tutup. Dari situ, truk-truk besar, bus, mobil maupun sepeda motor, akhirnya harus bergantian melewati Jalan Kolonel Sugiono.

"Mengurai kemacetan, arus kita atur sistem buka tutup. Sehingga, kemacetan dari kedua arah bisa diminimalkan," ungkap Kapolsek Sukun, Kompol Anang Trihananta.  

Sementara itu, pukul 18.40 WIB, api berhasil dijinakkan. Kobaran api yang sebelumnya sulit untuk dipadamkan, meski telah diguyur berliter-liter air oleh petugas pemadam kebakaran. 

Saat ini, petugas masih berupaya menyingkirkan puing-puing bekas kebakaran untuk mencegah api kembali berkobar.

"Untuk penyebab pasti kebakaran, masih belum bisa kami pastikan lagi. Namun dari informasi, ada yang bilang karena listrik," ungkap Anang Yuwono, Komandan Regu Damkar Kota Malang.

Mobil Damkar sampai saat ini masih standby di lokasi kebakaran untuk mengantisipasi kebakaran kembali terjadi.

Sebelumnya, kebakaran di Jalan Kolonel Sugiono, tepatnya depan Dealer Honda, yang membakar enam kios. Kebakaran diduga berawal dari salah seorang pemilik bengkel yang mencolokkan kompresor ke aliran listrik.

Namun tak lama, tiba-tiba saja api berkobar dari bengkel dan menjalar ke kios-kios yang ada disampingnya. Api sendiri sempat sulit dipadamkan karena adanya bahan bakar yang ikut terbakar di bengkel.