Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Wapres Ma'ruf Amin Gagas UIN Malang Dirikan Lembaga Ekonomi Syariah

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

26 - Nov - 2019, 16:10

Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg. (Foto: Humas)
Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meminta agar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang membentuk lembaga implementasi ekonomi syariah. Dan,  sebentar lagi gagasan tersebut tampaknya akan segera terealisasi.

Pada 10 Desember 2019 nanti, Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg diundang Ma'ruf Amin untuk membahas dan menindaklanjuti rencana tersebut. "Iya, 10 Desember ini saya diundang wapres untuk audensi persoalan rencana implementasi ekonomi syariah," ungkap Haris.

Baca Juga : Ungkapan Mahasiswa Asing UIN Malang yang Terisolasi di Kampus

Seperti yang diketahui, belakangan ini perkembangan ekonomi syariah cukup fenomenal.  Itu terbukti dengan semakin banyaknya lembaga keuangan yang membuka layanan syariah.

Ditambah lagi, Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya muslim. Semakin banyak masyarakat yang mulai beralih ke perbankan syariah untuk menghindari sistem riba dan berbagai aktivitas ekonomi yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Maka dari itu, pengetahuan ekonomi syariah menjadi salah satu kebutuhan pada masa sekarang ini.

Di tengah arus perkembangan seperti ini, diperlukan lembaga untuk menjadi pusat kajian dan pengembangan ekonomi syariah. Nah, yang semestinya dapat menjadi pusat kajian dan pengembangan ekonomi syariah adalah pendidikan tinggi yang memiliki visi dan misi kajian dan pengembangan ekonomi syariah. UIN Malang salah satunya.

Ekonomi syariah ini, kata Haris, merupakan bentuk pengembangan terhadap persoalan perbankan yang berbasis syariah. Hal ini sekaligus salah satu peluang untuk menyinergikan bank syariah dengan pendekatan ekonomi syariah.

Baca Juga : Tatkala Tiba-tiba Ada Orang Kejang di Kampus UIN Malang

Tak hanya itu. Nanti juga akan digagas rencana pengembangan ekonomi berbasis pedesaan dan ekonomi pesantren. "Semoga semua rencana ini bisa terwujud dan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat," ujar Haris.


Topik

Pendidikan malang berita malang Wakil-Presiden-RI-Ma'ruf-Amin Universitas-Islam-Negeri-Maulana-Malik-Ibrahim-malang lembaga-implementasi-ekonomi-syariah-uin-malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Sri Kurnia Mahiruni