Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg. (Foto: Humas)
Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meminta agar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang membentuk lembaga implementasi ekonomi syariah. Dan,  sebentar lagi gagasan tersebut tampaknya akan segera terealisasi.

Pada 10 Desember 2019 nanti, Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg diundang Ma'ruf Amin untuk membahas dan menindaklanjuti rencana tersebut. "Iya, 10 Desember ini saya diundang wapres untuk audensi persoalan rencana implementasi ekonomi syariah," ungkap Haris.

Seperti yang diketahui, belakangan ini perkembangan ekonomi syariah cukup fenomenal.  Itu terbukti dengan semakin banyaknya lembaga keuangan yang membuka layanan syariah.

Ditambah lagi, Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya muslim. Semakin banyak masyarakat yang mulai beralih ke perbankan syariah untuk menghindari sistem riba dan berbagai aktivitas ekonomi yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Maka dari itu, pengetahuan ekonomi syariah menjadi salah satu kebutuhan pada masa sekarang ini.

Di tengah arus perkembangan seperti ini, diperlukan lembaga untuk menjadi pusat kajian dan pengembangan ekonomi syariah. Nah, yang semestinya dapat menjadi pusat kajian dan pengembangan ekonomi syariah adalah pendidikan tinggi yang memiliki visi dan misi kajian dan pengembangan ekonomi syariah. UIN Malang salah satunya.

Ekonomi syariah ini, kata Haris, merupakan bentuk pengembangan terhadap persoalan perbankan yang berbasis syariah. Hal ini sekaligus salah satu peluang untuk menyinergikan bank syariah dengan pendekatan ekonomi syariah.

Tak hanya itu. Nanti juga akan digagas rencana pengembangan ekonomi berbasis pedesaan dan ekonomi pesantren. "Semoga semua rencana ini bisa terwujud dan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat," ujar Haris.