Tim DLH Kota Malang saat mengunjungi kampung di wilayah Tlogomas (Hendra Saputra)
Tim DLH Kota Malang saat mengunjungi kampung di wilayah Tlogomas (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang akan mengoptimalkan RW 07 Tlogomas agar di tahun 2020 mendatang bisa mendapatkan penghargaan dalam Program Kampung Iklim (Proklim) yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) setiap tahunnya.

Kota Malang saat ini sangat getol untuk membina kampung-kampung untuk bisa mengolah wilayahnya menjadi berguna, seperti ada ruang terbuka hijau, pengolahan limbah dan lainnya.

DLH sendiri sebagai stakeholder yang membidangi hal ini juga sudah lama membuat suatu perlombaan untuk kampung yang ada di Kota Malang seperti Kampung Bersinar, agar kampung-kampung di 'Bhumi Arema' bisa sedikit demi sedikit mengubah wilayahnya menjadi lebih baik.

Kepala Bidang (Kabid) Tata Lingkungan Hidup DLH Kota Malang, Arif Tri Sastyawan S.STP, M.Si menargetkan tahun depan kampung yang sudah mendapat penghargaan dari KLHK bisa meningkatkan predikatnya agar terlihat memiliki gairah untuk merubah kampungnya menjadi lebih baik.

Selain itu, juga untuk menjadi contoh bagi kampung lain yang belum sadar dan pro iklim.

"Target saya di 2020, dari RW 07 Tlogomas juga harus sudah bisa meningkat predikatnya. Selain itu kampung lain yang sudah mendapatkan prestasi juga harus meningkat lagi," kata Arif.

Menurut Arif, kampung-kampung di Kota Malang tinggal hanya meningkatkan inovasi untuk bisa terus mendapatkan predikat lebih dari tahun ini.

Karenanya, DLH akan terus membina agar kampung dalam naungannya bisa berinovasi lebih baik lagi.

"Inovasinya saja yang perlu dipoles lagi, kalau untuk pengelolaan sampah dan sebagainya sudah baik semuanya," tegas Arif.