Kepala DPMPTSP Kota Malang Erik Setyo Santoso (kiri) menerima penghargaan dari Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo (kanan) sebagai Role Model Layanan Publik Terbaik (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Kepala DPMPTSP Kota Malang Erik Setyo Santoso (kiri) menerima penghargaan dari Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo (kanan) sebagai Role Model Layanan Publik Terbaik (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Malang baru saja menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. Perangkat daerah (PD) yang kini dipimpin oleh Erik Setyo Santoso itu diapresiasi sebagai role model penyelenggara pelayanan publik dengan kategori Sangat Baik tahun 2019. 

Baca Juga : Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Malang, Bakal Dapat Pasokan Makanan Dapur Keliling

Dengan penghargaan tersebut, DPMPTSP Kota Malang pun semakin memantapkan diri mewujudkan komitmen pemerintah pusat untuk meraih investasi sebesar-besarnya. Salah satunya dengan memperbaiki iklim investasi di Kota Pendidikan ini.

Wali Kota Malang Sutiaji melalui keterangan tertulisnya menyampaikan, penghargaan yang diterima harus selalu menjadi motivasi bagi DPMPTSP Kota Malang untuk meningkatkan inovasi dalam melayani masyarakat.

"Selain itu, perangkat daerah lainnya juga termotivasi untuk melakukan hal yang sama," katanya. Sutiaji menambahkan, pemerintah daerah (pemda) sebagai kepanjangan tangan pemerintah pusat akan mendukung penuh program-program yang dicanangkan. 

Pemkot Malang akan berkomitmen untuk turut mewujudkan salah satu agenda strategis bangsa yaitu memperbaiki iklim investasi. Hal tersebut juga seiring dengan arahan Presiden Joko Widodo saat Rakornas Forkopimda beberapa waktu lalu di Sentul Bogor.

"Salah satu upaya mewujudkan hal itu adalah dengan mempermudah perizinan dan regulasi serta menyederhanakan birokrasi yang selama ini dilaksanakan. Pelayanan harus kita lakukan melalui satu pintu. Jangan ada lagi pelayanan yang dilakukan melalui banyak jendela," tegasnya.

Senada, Kepala DPMPTSP Kota Malang, Erik Setyo Santoso menambahkan, penghargaan tersebut akan menjadi cambuk baginya beserta jajaran untuk terus berkarya, berinovasi dan meningkatkan kinerja agar pelayanan pada masyarakat di Kota Malang semakin baik.

Baca Juga : Dinsos-P3AP2KB Salurkan Bantuan bagi 1.666 Warga Miskin

"Kami berharap masyarakat juga turut memberikan dukungan dengan menyampaikan keluhan serta kritik dan sarannya langsung pada kami agar dapat segera ditindaklanjuti demi memperbaiki kualitas kinerja di DPMPTSP," tandasnya.

Sebagai informasi, penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo pada Jumat (22/11/2019) di Hotel Redtop Pecenongan Jakarta. Bukan hanya DPMPTSP Kota Malang saja, penghargaan juga diberikan kepada RSUD Kota Malang.

Keduanya telah dinilai dan dievaluasi kinerjanya sebagai unit pelayanan publik berdasarkan Peraturan Menteri PANRB nomor 17 tahun 2017 tentang pedoman penilaian kinerja unit penyelenggara pelayanan publik secara berkala setiap tahunnya.