Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DLH Kota Malang, Joao Maria Gomes Je Carvalho (Hendra Saputra)
Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DLH Kota Malang, Joao Maria Gomes Je Carvalho (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Masuk akhir November, persiapan akhir tahun 2019 dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Bidang Kebersihan. DLH berharap, masyarakat tidak membuang sampah sembarangan ketika turun ke jalan untuk menikmati malam pergantian tahun baru.

Ingin melihat Kota Malang tetap bersih, DLH Kota Malang berharap akhir tahun nanti masyarakat Bhumi Arema agar tidak membuang sampah ketika menghabiskan malam tahun baru. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kebersihan DLH Kota Malang, Joao Maria Gomes Je Carvalho atau yang akrab disapa Joe.

Meski begitu, Joe mengaku bahwa pihaknya tetap akan bertugas dalam setiap shift di pergantian malam tahun baru. "Persiapan pergantian tahun mungkin sama dengan tahun lalu, karena tahun lalu sampahnya cuma sedikit. Hal itu karena masyarakat punya acara sendiri di rumah," ujar Joe.

Lebih lanjut, Joe mengatakan tumpukan sampah pada saat pergantian malam tahun baru hanya satu comvactor. "Cuma satu comvactor tahun lalu. Saya berharap tahun ini masyarakat bisa lebih sadar," katanya.

Di sisi lain, Joe juga meminta pengertian kepada masyarakat jika waktu mendekati tahun baru hujan sudah kerap turun. Hal itu sedikit mengganggu proses pengambilan sampah yang ada di tempat penampungan sementara (TPS).

"Lalu di akhir tahun, kalau hujan, fokus kami kan di kendaraan pengangkut sampah. Karena kalau jalan naik kan licin, jadi mungkin nanti akan ada penumpukan sedikit di TPS. Tapi kan pastikan tidak akan sampai lama dan segera dipindahkan ke tempat pembuangan akhir (TPA)," pungkasnya.