AKBP Harviadhi Agung Prathama saat menghadiri penerimaan penghargaam di Hall Holiday In Jakarta, Rabu (20/11/2019). (Foto: istimewa)
AKBP Harviadhi Agung Prathama saat menghadiri penerimaan penghargaam di Hall Holiday In Jakarta, Rabu (20/11/2019). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Jajaran Polres Batu tengah berupaya terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Usaha itu untuk mewujudkan itu, berbuah hasil dengan diraihnya Penghargaan sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik dengan kategori ‘Baik’.

Penghargaan itu langsung diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB RI), Tjahyo Kumolo kepada Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Untuk mendapatkan penghargaan itu bukanlah hal yang mudah. Karena ada 14 kriteria yang jadi standar pelayanan publik. Di antaranya persyaratan, sistem, mekanisme dan prosedur. Selain itu, jangka waktu pelayanan, biaya, produk pelayanan, penanganan pengaduan, saran, dan masukan. 

Lalu juga terkait  dasar hukum, sarana prasarana, kompetensi pelaksana, pengawasan internal, jaminan pelayanan dan jaminan keamanan, keselamatan pelayanan serta evaluasi kinerja pelayanan. Termasuk dalam melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik.

Jika tidak memenuhi 14 kriteria itu tentunya Polres Batu tidak dapat menerima penghargaan tersebut. “Alhamdulillah Polres Batu bisa meraih prestasi ini, ya semoga ke depan dengan penghargaan ini bisa meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat,” kata Harvi.

Sedang Polres Jajaran Polda Jatim yg dinilai sejumlah 24 Polres dengan hasil beragam sebagai berikut  yang mendapatkan  nilai  A yaitu  pelayanan prima ada 5 Polres masing masing Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Banyuwangi, Polres Tuban, dan Polres Malang.

Sedangkan yang mendapatkan  nilai A yaitu sangat baik ada 5 Polres yaitu Polres Gresik, Pamekasan, Lamongan, Malang Kota dan Polres Madiun.

Tidak hanya itu saja, Polres Batu juga mendapatkan kategori nilai B atau Baik dengan 8 Polres yang lainnya. Yakni Tulungagung, Trenggalek,  Bojonegoro, Pasuruan. Pasuruan Kota,  Bondowoso, Jombang,  dan Mojokerto kota.