Menag Fachrul Razi menerima puisi gubahan Rektor UIN Malang Prof Haris. (Foto: Igoy/MalangTIMES)
Menag Fachrul Razi menerima puisi gubahan Rektor UIN Malang Prof Haris. (Foto: Igoy/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Menteri Agama Fachrul Razi mengunjungi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) untuk mengisi kuliah tamu bertema "Meneguhkan Nilai-nilai Agama dan Kebangsaan dalam Menangkal Radikalisme Menuju Indonesia Maju" di Aula Rektorat UIN Malang, Kamis (21/11/2019).

Dalam paparannya, ia merasa sangat berbahagia dapat hadir di UIN Malang.

"Sekolah ini merupakan sekolah yang luar biasa. Dari sekolah tinggi agama islam negeri tahun 1998 melonjak menjadi Universitas Islam Negeri tahun 2004. Luar biasa," katanya.

Ia lalu menyampaikan, banyak pelajar-pelajar asing yang belajar di UIN Malang. Jumlahnya, lanjutnya, sekitar 400 mahasiswa asing dari 43 negara.

"Sehingga tidak salah kalau kita bilang UIN Malang ini adalah Al-Azharnya Indonesia!" timpalnya.

Dalam kesempatan tersebut, Fachrul Razi juga menerima puisi dari Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg. Fachrul pun sempat membacakan fragmen puisi gubahan Prof Haris tersebut.

"Menteri Agama hadir di UIN Maliki. Memberi ceramah tentang deradikalisasi. Menjadi bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia. Kuatkan nilai-nilai agama dan kebangsaan di bumi pertiwi," bacanya.

Dalam sambutannya, Prof Haris mengungkapkan terima kasih atas kedatangan Fachrul Razi yang memang sangat diharapkan oleh seluruh civitas academica UIN Malang.

"Semua warga UIN Maulana Malik Ibrahim, para kiai, amat sangat berharap Bapak hadir dan Alhamdulillah hari ini bisa hadir. Alhamdulillah siang ini kita bisa bertemu dalam rangka silaturahim, mendengarkan tausiah dari Bapak Menteri. Mudah-mudahan acara ini membawa rohmat dan khidmat bagi kita semua," tuturnya.

Untuk diketahui, kedatangan Menag ke UIN Malang merupakan kunjungan ke kampus yang pertama setelah dilantik menjadi menteri.

Ditemui terpisah, Prof Haris menyatakan bahwa program di UIN Malang sejalan dengan Menag.

"Kedatangan Menag ini merupakan kunjungan ke perguruan tinggi pertama setelah dilantik menjadi menteri. Program ke depan sejalan dengan Menag," ucapnya.

Dalam kuliah tamu yang istimewa tersebut juga turut hadir Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar MAg.