(dari kiri) Kasatlantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro, Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexander SIK, MH, Menpan RB, Tjahyo Kumolo dan Kasat Intelkam Polres Malang Kota, AKP M. Riza (ist)
(dari kiri) Kasatlantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro, Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexander SIK, MH, Menpan RB, Tjahyo Kumolo dan Kasat Intelkam Polres Malang Kota, AKP M. Riza (ist)

MALANGTIMES - Menteri PAN RB,  Tjahyo Kumolo, hari ini (20/11/2019), memanggil tiga Perwira Polres Malang Kota. Tiga perwira tersebut yakni, Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexander SIK, SH, MH, Kasatlantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro, dan juga Kasatintelkam AKP M. Riza.

Pemanggilan tiga perwira tersebut bukan karena adanya sebuah kasus atau permasalahan, melainkan karena akan menerima penghargaan dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Holiday Inn Kemayoran Jakarta, Jl. Griya Utama, Sunter Jakarta utara.

Penghargaan tersebut setelah Kementerian PAN RB melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik. Dalam hal ini, Polres Malang Kota meraih predikat sangat baik dalam hal penilaian publik sesuai UU nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Dalam penilaian yang dilakukan tim Kemenpan RB, terdapat 14 komponen yang menjadi standar pelayanan yang dilakukan kepada masyarakat. Komponen tersebut meliput dari persyaratan, sistem, mekanisme dan prosedur, jangka waktu pelayanan, biaya, produk pelayanan, penanganan pengadauan, saran dan masukan, dasar hukum, sarana prasarana, kompetensi pelaksana,pengawasan internal, jaminan pelayanan, jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan serta evaluasi kinerja pelayanan.

Kapolres Malang Kota, AKBP Dony AlexanderSIK, SH, MH menjelaskan, jika raihan ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh personil Polres Malang Kota yang semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

"Penghargaan pelayanan publik ini, merupakan hasil kerja keras semua personel di bidang pelayanan. Semua bersemangat untuk terus mengembangkan diri dengan kreatifitas dan inovasi. Sehingga, ke depan, akan menjadi lebih baik. Dan tentunya kami akan terus meningkatkan pelayanan pada masyarakat," tutur Dony

Selain itu, pihaknya juga menjelaskan, jika peningkatan pelayanan ini juga salah satu bentuk guna memperoleh predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).