Wali Kota Malang, Sutiaji (Dok. MalangTIMES)
Wali Kota Malang, Sutiaji (Dok. MalangTIMES)

MALANGTIMES - DPRD Kota Malang beserta Pemerintah Kota Malang pada Rabu (20/11/2019) siang tadi melakukan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sebagaimana rencana yang diagendakan sebelumnya, pertemuan itu salah satunya adalah untuk melakukan konsultasi berkaitan dengan perencanaan pembangunan Malang Creative Centre (MCC).

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto turut hadir dalam pertemuan tersebut. Dari hasil laporan yang didapat, dia menyampaikan jika rencana pembangunan tersebut sepenuhnya dibahas. Namun di dalamnya sama sekali tak menyinggung tentang pemangkasan anggaran atau pemangkasan gedung sebagaimana yang disampaikan sebelumnya.

"Tadi Pak Sekda sudah sampaikan, banyak yang dibahas. Tapi tidak ada pembahasan tentang pemangkasan bangunan atau yang lain," katanya pada wartawan, Rabu (20/11/2019).

Sutiaji menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menanyakan kesiapan Pemerintah Kota Malang membangun MCC. Dalam hal ini, Pemkot pun meyakinkan jika Pemkot Malang siap untuk memulai pembangunan pada Maret 2020 mendatang. Pembangunan pun ditargetkan rampung dan dapat dimanfaatkan di akhir 2020 mendatang.

Politisi Demokrat ini juga menyampaikan, APBD 2020 telah disiapkan. Sehingga anggaran yang ditetapkan tidak dapat diubah begitu saja. Dia juga menegaskan jika pembangunan tersebut tidak main-maim. Pemerintah juga serius menggarap MCC dan sama sekali tak ada kepentingan di dalamnya.

"Kami sangat berterima kasih kepada Dewan juga masyarakat yang mewanti-wanti kami dari awal. Karena MCC itu menggunakan anggaran yang tak kecil dan itu seluruhnya uang rakyat, " imbuhnya.

Dengan seluruh respons yang diberikan masyarakat itu, dia berharap Perangkat Daerah Kota Malang lebih berhati-hati. Sehingga proses pembangunan dapat dilaksanakan sebagaimana yang ditargetkan serta direncanakan. Selain itu masyarakat dapat menerima manfaat sepenuhnya.

"Kami sangat berterima kasih karena selalu diwanti-wanti agar kami tak ceroboh. Dalam proses evaluasi ini kami sepenuhnya serahkan pada Pemprov Jatim," tambah Sutiaji.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika menyampaikan, ada banyak hal yang sudah disampaikan dewan dan Pemkot Malang dalam agenda pertemuan bersama Pemprov Jatim tersebut. Dia akan menyampaikan seluruhnya ketika hasil evaluasi sudah diberikan Pemprov Jatim.

"Ada banyak hal yang kami sampaikan, nanti kita tunggu hasil evaluasinya saja," terang Made.

Sebelumya, Dewan menghendaki agar ada perubahan atau evaluasi terhadap rencana pembangunan MCC. Karena selama ini ada begitu banyak pro dan kontra di masyarakat terkait pembangunan MCC. Sebab pemerintah dinilai belum mampu menjelaskan secara mendetail urgensi dan fungsi dari MCC itu sendiri.

Dewan menyebut agar MCC dievaluasi untuk dibangun dengan anggaran yang lebih kecil. Salah satunya dengan memangkas tinggi bangunan menjadi kurang dari delapan lantai. Sehingga anggaran yang dikeluarkan tak sampai Rp 125 Miliar.