Wisatawan saat berswa foto di Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) (Foto: Istimewa)
Wisatawan saat berswa foto di Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Kabar gembira bagi wisatawan yang mau berlibur ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tanpa ribet. Karena Balai Besar TNBTS menerapkan kebijakan baru, mulai 1 Desember 2019 mendatang pembelian tiket wisata ini bisa dibeli secara online untuk mempermudah wisatawan yang ingin berlibur.

Penerapan tiket online ini dilakukan di semua pintu masuk Gunung Bromo. Yakni, melalui pintu masuk Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie mengatakan penerapan tiket online tersebut nantinya masih akan diberlakukan secara bertahap. Namun, bagi wisatawan rombongan sudah diwajibkan untuk melakukan booking tiket online per 1 Desember mendatang.

"Ini kita coba sambil sosialisasi, terhitung mulai 1 Desember 2019 ini yang rombongan, event organizer, travel wajib ikut booking online," ujar dia kepada awak media belum lama ini.

Meski begitu, untuk pelayanan tiket wisatawan perorangan pihaknya tetap membuka pembelian tiket manual. Hanya saja, pembelian itu hanya dikhususkan pada jam tertentu yakni mulai pukul 07.00 - 16.00 saja.

"Untuk teman-teman per orangan atau mandiri, masih tetap pagi dia beli manual di sana, tetapi setelah pukul 16.00 sampai pagi mereka harus melakukan pembelian online," imbuhnya.

Ke depan, pengelola Balai Besar TNBTS bakal menerapkan sistem booking online secara penuh. Baik wisatawan yang berangkat melalui agen perjalanan (travel agent) atau berangkat secara mandiri.

"Ini nanti masih kita perbaiki, harapan kita untuk tahun depan (tahun 2020) itu full online. Karena apa, selain menghindari kebocoran data di internal, ini juga untuk mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung ke Bromo Tengger Semeru," pungkasnya.