Kota Batu Masih Rentan Narkotika, 7 Kasus Terkuak dalam 1 Bulan

Nov 19, 2019 14:43
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama saat bertanya kepada tersangka di Polres Batu, Selasa (19/11/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama saat bertanya kepada tersangka di Polres Batu, Selasa (19/11/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Satu bulan bertindak sejak 11 Oktober-16 November 2019 Polres Batu berhasil mengungkap 7 kasus di wilayah Kota Batu. Dari kasus itu Polres Batu berhasil menyita narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 35,74 gram, yang dibeberkan dalam rilis di Polres Batu, Selasa (19/11/2019).

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama mengatakan, dari sejumlah 35,74 gram itu jika setiap gramnya dijual Rp 1,2 juta, maka hasil transaksi jual beli itu bisa mencapai Rp 42.888.000.

Baca Juga : Aktor Senior Tio Pakusadewo Kembali Ditangkap karena Kasus Narkoba

“Dari barang bukti ini untuk satu gramnya digunakan oleh lima orang, sehingga 35,74 gram itu digunakan untuk 179 orang. Setidaknya kita bisa menyelamatkan 179 orang dan menyelamatkan sejumlah uang tersebut dari kejahatan,” ungkap Harvi.

Dari 7 kasus itu, Polres Batu mengamankan 9 tersangka semuanya merupakan warga Kota Batu. Terdiri dari 2 orang pengedar AY dan HP, 3 kurir MF, EH dan WA, 4 pemakai atau pengguna sabu-sabu AS, DA, MA dan IH.

“Tersangka ditangkap dari lokasi yang berbeda-beda, ada yang di Dusun Songgoriti Kelurahan Songgokerto, Desa Bumiaji, Kelurahan Ngaglik, Kelurahan Temas, Desa Pesanggrahan, dan Desa Pandanrejo,” katanya.

Mereka yang menjadi pengedar, lanjut Harvi, telah melakukan pengedaran kurang lebih selama 7 bulan. Sedangkan mereka yang menjadi kurir ada yang melakoninya 2 bulan dan 6 bulan.

“Salah pengedar ini juga salah satunya berprofesi sebagai ojek online selama 8 bulan, ada juga mereka yang pekerjaannya serabutan,” imbuh lulusan Akademi Polisi tahun 2001 ini.

Sedangkan mereka yang pengguna mengkonsumsi kurang lebih selama 5 bulan. Setiap kali transaksi 1 gram yang dijual seharga Rp 300 ribu. Salah satu diantaranya adalah perempuan yang biasanya mengkonsumsi bersama temannya.

Baca Juga : Tulis "Bubarkan Negara", 10 Orang Ini Diciduk Polisi

“Yang perempuan ini mengkonsumsi sama temannya, tapi yang kami tangkap baru dia. Mungkin dia ini sedang apes, tapi tetap akan kami lakukan pencarian,” tambahnya.

“Masing-masing tersangka akan menerima hukuman penjara kurang lebih minimal 5-20 tahun,” tutup bapak dua anak ini.

 

Topik
MalangBerita Malangkasus narkotikanarkotikasabu sabuPolres Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru