Kepras Anggaran dan Tinggi Bangunan MCC, Dewan Besok Temui Pemprov Jatim

Nov 19, 2019 10:53
Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - DPRD Kota Malang akan melakukan konsultasi ke pihak keuangan dan budgeting Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada Rabu (20/11/2019) besok. Konsultasi itu topik utamanya akan membahas perencanaan pembangunan gedung Malang Creative Centre (MCC).

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Revitalisasi Pasar Bunulrejo Dibatalkan

Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika mengatakan, usulan berkaitan dengan MCC yang akan disampaikan kepada pihak Pemprov Jatim adalah  mengeras anggaran MCC sebesar Rp 125 miliar menjadi lebih efisien lagi. Usul lain adalah mengubah perencanaan pembangunan MCC dari delapan lantai menjadi satu atau tiga lantai saja.

Usulan itu akan disampaikan kepada Pemprov Jatim lantaran ada banyak pro dan kontra di masyarakat meski pada kenyataannya anggaran telah disetujui sebesar Rp 125 miliar untuk digarap pada 2020 mendatang. "Pengerjaan MCC secara single years dan multiyears juga akan kami sampaikan," ucap Made.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyampaikan, sejauh ini detail engineering design (DED) MCC belum dikantongi Pemkot Malang. Sehingga masih ada kesempatan untuk melakukan evaluasi secara lebih mendetail. Dari hasil kunjungan yang dilakukan sebelumnya ke Kemendagri, Made menyebut  ada fakta baru yang menyatakan penganggaran masih dapat dievaluasi selama DED belum dikantongi.

"Akan kami sampaikan kondisi sosial masyarakat di lapangan. Meski kami sudah sahkan anggaran, tapi jika bisa diminimalisasi, maka kami akan terus berusaha untuk mengevaluasi itu," imbuh dia.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menegaskan, DED MCC sudah dimiliki. Sehingga proses pembangunan akan dilakukan sebagaimana perencanaan yang dibuat. Sebab, MCC merupakan  proyek yang diusulkan masyarakat, bukan usulan dari Pemerintah Kota Malang.

"Ini usulan teman-teman komunitas. Dan Kota Malang ini menjadi pusat ekonomi kreatif sebagaimana yang disampaikan Pak Presiden Jokowi, maka harus dimaksimalkan. Tapi hal baru memang pasti akan menimbulkan reaksi," imbuh dia.

Baca Juga : Jamin Nasib Tenaga Kerja, Disnaker-PMTSP Kota Malang Ajukan Skema Jaring Sosial

Sutiaji  menjelaskan, MCC sebelumnya diusulkan  180 komunitas kreatif di Kota Malang. Dalam perencanaannya MCC akan dibangun setinggi delapan lantai dengan fungsi masing-masing. Salah satu tujuannya adalah untuk memberi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif. Sebab, Kota Malang dinilai memiliki komunitas kreatif  yang besar dan  kuat.

Sementara berkaitan dengan anggaran, MCC mulanya dianggarkan sebesar Rp 185 miliar. Anggaran itu awalnya akan dipecah untuk pengerjaan pada 2020 senilai Rp 125 miliar dan sisanya dikerjakan pada APBD 2021.

Namun DPRD Kota Malang mengevaluasi rencana tersebut dan meminta agar MCC dibangun dalam satu tahun saja dengan anggaran Rp 125 miliar serta tak ada lagi penambahan lain. Hal itu disetujui Pemerintah Kota Malang dengan melakukan penghitungan ulang serta mengepras beberapa fasilitas yang awalnya sudah direncanakan. "Kami diminta untuk efisiensi, cukup Rp 125 miliar, lalu bangunan langsung berfungsi. Kami lakukan itu," kata Sutiaji. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru