Pasukan kebersihan DLH Kota Malang saat melakukan pembersihan di wilayah Gadang. (Hendra Saputra)
Pasukan kebersihan DLH Kota Malang saat melakukan pembersihan di wilayah Gadang. (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Cuaca pada bulan November memang tidak menentu. Namun, Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang menilai kebersihan pada November 2019 ini secara umum sudah bagus.

Baca Juga : Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Malang, Bakal Dapat Pasokan Makanan Dapur Keliling

Meski beberapa hari cuaca yang tak menentu, hal tersebut tidak sampai membuat pasukan kebersihan yang bertugas di jalan mengeluh.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DLH Kota Malang Joao Maria Gomes Je Carvalho atau yang akrab disapa Joe ketika dijumpai MalangTIMES. 

Bahkan ia mengaku bahwa DPRD dari Pekalongan yang sempat berkunjung di Kota Malang mengapresiasi kebersihan Kota Malang. "Evaluasi dalam sebulan ini, kebersihan cukup bagus. Saya kapan hari sama Bu Sekdin menerima kunjungan Komisi C DPRD  Pekalongan. Mereka datang ke sini untuk lihat retribusi sampah dan mereka mengapresiasi itu," ujar Joe.

Menurut dia, dalam beberapa hari, cuaca yang tak menentu juga bukan masalah bagi pasukan kebersihan yang ada di bawah naungan Bidang Kebersihan DLH Kota Malang. "Kadang hujan kadang tidak itu tidak ada pengaruh bagi anggota kami karena saya perintahkan untuk kerja maksimal," kata Joe.

Baca Juga : Dinsos-P3AP2KB Salurkan Bantuan bagi 1.666 Warga Miskin

Untuk diketahui, saat ini pasukan kebersihan DLH Kota melakukan kerja bakti di Jembatan Tidar yang terlihat begitu kumuh. Tempat itu sangat kotor karena adanya sampah bongkaran bangunan dan sampah rumah tangga yang kerap dibuang langsung oleh masyarakat ke sungai.