Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dewan Ngotot Evaluasi MCC, Pemkot Kukuh Pertahankan

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

19 - Nov - 2019, 09:11

Foto Dokumentasi MalangTIMES
Foto Dokumentasi MalangTIMES

MALANGTIMES - Rencana pembangunan Malang Creative Centre (MCC) yang akan direalisasikan pada 2020 mendatang masih menuai pro dan kontra. Meski anggaran pembangunan MCC telah disetujui, kritik atas pembangunan pusat ekonomi kreatif itu masih saja terus bergulir.

Jika sebelumnya besaran anggaran dinilai terlalu fantastis, kini tak sedikit yang menginginkan rencana pembangunan MCC dievaluasi. Bahkan, pekan ini DPRD Kota Malang berencana menemui Pemerintah Provinsi Jatim untuk melakukan evaluasi. Salah satu poin yang akan disampaikan adalah usulan tinggi bangunan agar tidak delapan lantai seperti yang direncanakan, melainkan menjadi satu hingga tiga lantai saja.

Baca Juga : Sederet Megaproyek Pemkot Malang Ditunda, Termasuk Pembangunan Mini Block Office

Menanggapi itu, Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan, MCC merupakan usulan dari komunitas kreatif di Kota Malang. Total ada sekitar 180 komunitas dengan 16 subsektor yang tergabung di dalamnya. Komunitas itu pun kemudian mengusulkan agar dibuat sebuah wadah khusus bernama MCC. "Jadi, ini usulan dari bawah, bukan inisiatif pemerintah," katanya kepada wartawan baru-baru ini.

Sutiaji menyampaikan, usulan untuk mengubah detail bangunan dari rencana delapan lantai menjadi satu atau tiga lantai sangat sulit direalisasikan. Sebab, delapan lantai sebagaimana yang diusulkan tersebut memiliki fungsi masing-masing.

Dia menegaskan, pembangunan yang direncanakan tersebut telah sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa detail engineering design (DED) MCC telah jadi sehingga pembangunan akan dilakukan sesuai dengan perencanaan.

"Presiden  Jokowi sudah menyampaikan jika Kota Malang adalah sentra ekonomi kreatif. Kami kuatkan di sana. Sebuah hal baru memang pasti akan menimbulkan reaksi dan kami terima kasih atas itu," tegas politisi Demokrat itu.

Lebih jauh Sutiaji menyampaikan, usulan DPRD Kota Malang untuk tak lagi menggunakan anggaran lebih dari Rp 125 miliar saat ini sudah dihitung oleh perangkat daerah terkait. Sehingga Pemkot Malang setuju untuk menggunakan Rp 125 miliar dan bangunan sudah berfungsi serta selesai dibangun pada 2020.

Baca Juga : Pemkot Batu Bakal Tambah Shelter Isolasi Covid-91 di Tiap Kecamatan

"Kemudian akan difungsikan tahun 2021. Hanya saja kalau Rp 125 miliar, masih belum ada fasilitas seperti eskalator dan lain sebagainya," terang Sutiaji.

Gedung MCC tersebut nantinya akan dikelola oleh dinas terkait, yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Nantinya akan dibentuk BLUD atau PT untuk dapat mengelola aset bangunan tersebut. 


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Evaluasi-MCC Malang-Creative-Centre DPRD-Kota-Malang Pemerintah-Provinsi-Jawa-Timur Wali-Kota-Malang-Sutiaji


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni